Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Latin Arti dan Adabnya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa menjenguk orang sakit sesuai sunah lengkap arab latin arti adab dan keutamaannya. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap dari kita sering mendengar ada saudara, teman, tetangga, ustadz, guru, tokoh masyarakat, rekan bisnis, dan sebagainya, yang sedang mendapat ujian berupa sakit. Sungguh sakit merupakan hal yang menyedihkan dan menyusahkan bagi diri maupun keluarganya. Sebagai seorang yang peduli dengan keadaan orang lain, maka kita pun menjenguk mereka yang sedang sakit tersebut. Entah langsung menuju ke Rumah Sakit atau ke tempat tinggal orang yang bersangkutan. Kebiasaan ini sesuatu yang baik. Bahkan kalau menjenguk di rumah sakit sering warga masyarakat itu menyewa kendaraan mobil bus atau minibus. Mereka datang secara bersama-sama atau rombongan. Hal tersebut menunjukkan rasa persaudaraan yang kuat antar sesama muslim. Orang yang menjenguk orang sakit memiliki keutamaan bagaikan ia berjalan-jalan di taman surga.
Tatkala menjenguk orang sakit, mereka membawakan sedikit uang atau barang tertentu (pada umumnya banyak yang memilih buah-buahan, atau makanan enak lainnya)  untuk meringankan kesulitan yang dihadapi. Namun, ada sesuatu yang penting sebetulnya untuk kita lakukan. Hal penting tersebut ialah dengan membaca doa tatkala menjenguk orang sakit. Perkara ini kadang malah banyak yang melupakan. Bisa karena tidak tahu atau tak hafal sama sekali. Lantas bagaimana doanya? Pada kesempatan ini admin blog poskajian.blogspot.com ini akan menulis doa untuk orang sakit, berikut silakan kita simak bersama :

DOA YANG PERTAMA

Doa Menjenguk Orang Sakit
Doa Menjenguk Orang Sakit
Latinnya :
ALLAHUMMA RABBAN-NAASI ADZHIBIL BA'SA ISYFI WA ANTASY-SYAAFII LAA SYIFAA-A ILLAA SYIFAA-UKA SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
Artinya :
" Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit. Engkau adalah Dzat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

DOA YANG KEDUA
Doa Menjenguk Orang Sakit
Doa Menjenguk Orang Sakit
Latinnya :
ALLAHUMMA RABBAN-NAASI MUDZHIBAL BA'SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
Artinya:
"Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

DOA YANG KETIGA
Doa Menjenguk Orang Sakit
Doa Menjenguk Orang Sakit
Latinnya :
AS-ALULLAHAL ADHIIIM, RABBAL ARSYIL ADHIIM AYYASY FIYAKA 
Dibaca 7 kali.
Artinya:
"Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai arasy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat At-Tirmidzi dan Abu Dawud.
Baca juga : Doa Perlindungan Untuk Anak Lengkap Arab Latin dan Artinya.


DOA YANG KEEMPAT
Doa Menjenguk Orang Sakit
Doa Menjenguk Orang Sakit
Latinnya :
LAABA’SA THAHUURUN INSYA ALLAH
Artinya :
"Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.

DOA YANG KELIMA

Doa Menjenguk Orang Sakit
Doa Menjenguk Orang Sakit
Latinnya :
ALLAHUMMASYFI ... (sebutkan nama orang yang sakit) 
Artinya :
" Ya Allah, sembuhkanlah ....(sebutkan nama orang yang sakit)."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Muslim.

Kita bisa memilih salah satunya ketika menjenguk orang sakit, atau bisa melafazkan ketiga-tiganya malahan. Bila mana saat ini belum hafal maka kita tinggal mulai menghafalkannya. Dengan doa kita, orang yang sakit akan merasa lebih terhibur dan bersemangat untuk segera sembuh pun akan semakin besar. Kemudahan akan hadir dengan doa yang kita panjatkan. Bukankah kita hendaknya saling menolong dalam kebaikan untuk saudara kita. Sehingga kita dapat masuk surga bersama-sama.
Baca pula : Doa Penutup Majelis dan Keutamaanya.

Selain membaca doa tatkala menjenguk orang sakit, kita pun akan lebih baik jika menyempurnakan dengan menjalankan adab-adabnya. Tidak sulit melakukannya. Limpahan pahala akan diberikan kepada kita. Adab-adab menjenguk orang sakit, antara lain ;
1. Meniatkan dengan ikhlas karena Allah Swt. semata. Singkirkan pikiran yang keliru. Karena ada yang memiliki pandangan begini. "Kalau saya menjenguk si Fulan, maka nanti kalau saya sakit akan dijenguk oleh si Fulan tersebut". Pandangan ini kurang tepat. Toh, kalau disuruh memilih. Kita lebih memilih menjenguk dari pada dijenguk. Iya, kan? Kita beramal bukan agar dibalas oleh orang lain. Namun, kita berharap kepada Allah Swt. yang Maha Melihat dan akan memberi balasan kebaikan dengan sempurna. Tentunya di akhirat akan sempurna betul balasannya.
2. Memperhatikan situasi orang yang sakit tersebut. Misalnya di dalam sebuah rumah sakit si dokter memberlakukan aturan agar penjenguk hanya boleh sebentar saja di kamar pasien maka kita harus mematuhi. Bahkan kalau dokter tidak mengizinkan para penjenguk untuk bertemu dengan si sakit maka harus kita taati. Pengaturan jam jenguk oleh manajemen rumah sakit pun mesti dipatuhi. Karena ini demi kebaikan orang yang sakit tersebut. Bila menjenguk di rumah pun tetap harus memperhatikan waktu yang tepat. Tidak bijak bila kita menjenguk orang yang sakit di waktu larut malam. Atau ngobrol keras-keras di rumah orang yang sedang sakit. Sebab akan mengganggu.
3. Memberikan semangat dan motivasi untuk sembuh. Semangat untuk sembuh ini sangat penting karena dapat memicu peningkatan kekebalan tubuh orang yang sakit. Sehingga diharapkan akan mempercepat kesembuhan. Nasihati pula agar tetap tenang dan sabar serta bertawakkal kepada-Nya. Dalam menasihati pun sebaiknya jangan berlebih-lebihan. Secukupnya atau sekedarnya saja.
4. Berusaha membantu semampunya. Terutama biaya untuk berobat. Apalagi bila orang yang sakit itu termasuk orang yang kurang mampu atau miskin. Bahkan orang itu adalah saudara, teman, atau tetangga dekat kita. Maka penting sekali kita membantunya. Bila mana kita juga termasuk bukan kalangan orang mampu, setidaknya kita bisa mencarikan jalan keluar bagi pembiayaannya. Misalnya mencarikan donatur, memintakan keringanan biaya, dan sebagainya.

Kita bisa memilih salah satunya ketika menjenguk orang sakit, atau bisa melafazkan ketiga-tiganya. Dengan doa kita, orang yang sakit akan merasa lebih terhibur dan bersemangat untuk segera sembuh pun akan semakin besar. Kemudahan akan hadir dengan doa yang kita panjatkan. Bukankah kita hendaknya saling menolong dalam kebaikan untuk saudara kita. Sehingga kita dapat masuk surga bersama-sama. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Baca juga : Doa shalat istikharah lengkap arab latin dan artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Latin Arti dan Adabnya