Kapan Pelaksanaan Ibadah Haji Itu?

Kapan Pelaksanaan Ibadah Haji Itu dan kapan berakhirnya

Assalamualaikum wr.wb.

Pak, mulai kapan pelaksanaan ibadah haji dilakukan dan kapan berakhirnya? Saya dapat kabar dari tetangga bahwa akhir bulan ini beliau akan ke tanah suci Mekkah dalam rangka melaksanakan rukun Islam yang ke-5 yakni ibadah Haji. Saya dimintai tolong untuk ikut mengantar sampai ke tempat pemberangkatan di bandar udara. Setelah selesai berhaji, saya juga diharapkan bisa menjemputnya. Saya masih bingung tentang pelaksanaan haji itu kok lama, sekitar 1 bulan lebih.  Ini berdasar dari waktu pemberangkatan dan kepulangan si tetangga saya itu. Padahal, di pelajaran sekolah waktu SMA, prosesinya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Terima kasih atas jawabannya. 

Baca artikel menarik : doa perlindungan untuk anak.

Jawab :

Wassalamualaikum wr.wb.

Kita patut bersyukur dan bergembira dengan memiliki tetangga yang akan melaksanakan ibadah Haji. Semoga Anda pun segera bisa melaksanakannya. Amiin. Mengenai kapan dimulainya pelaksanaan haji. Awal dimulainya prosesi inti ibadah haji adalah tanggal 8 Dzulhijjah, yakni jamaah mulai ke Mina. Sebelum tanggal itu, jamaah haji harus sudah memakai pakaian ihram sesuai miqat masing-masing. Lalu berniat haji serta membaca talbiyah. Sedang berakhirnya haji di tanggal 13 Dzulhijjah.

Lalu, mengapa para jamaah haji dari Indonesia bisa menghabiskan waktu yang lebih dari waktu inti haji? Hal tersebut dikarenakan memang proses pemberangkatan dan pemulangannya secara bertahap. Jadi, seseorang yang berangkat haji dari Indonesia maka pemberangkatannya tidak sekali waktu. Tidak mungkin dalam sehari bersamaan seluruh calon jamaah langsung terbang dari bandara di Indonesia ke Arab Saudi sana. 

Jumlah jamaah yang ratusan ribu orang itu tentu terbang dengan pesawat yang tidak sekaligus dalam satu hari penerbangannya. Ada penjadwalannya, sehari berapa ribu, sehari lagi berapa ribu, sampai akhirnya semua jamaah sudah berada di tanah suci. Demikian pula dalam proses kepulangan para jamaah haji dari tanah suci. Prosesnya juga bertahap sebagaimana keberangkatannya ke tanah suci. Untuk pemberangkatan haji itu biasanya dari bulan syawal sudah dilakukan prosesnya. Di bulan Dzulqadah maka seluruh jamaah umumnya hampir semua sudah diberangkatkan. 
Baca juga : doa iftitah lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Kapan Pelaksanaan Ibadah Haji Itu?