Perbedaan Arti Rahimahullah dan Hafidzahullah

Perbedaan Rahimahullah dan Hafidzahullah

Assalamualaikum wrwb.

Pak, saya sering membaca artikel Islam maupun mendengar dari beberapa ustadz yang menyematkan kata rahimahullah dan hafidzahullah di belakang nama. Apakah arti dari dua kata tersebut? Terus apakah perbedaaan gelar rahimullah dan hafizhahullah? Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Seringnya Anda membaca buku Islami dan atau mendengar ceramah pengajian merupakan amalan yang mulia. Membaca dan mendengar menjadi pintu masuk ilmu agama Islam ini ke dalam diri saudara. Semoga Anda bisa tetap istiqomah selalu mempelari Al Quran dan hadis. Pertanyaan ini bagus sekali. Memang sering sekali ketika kita membaca artikel baik itu di buku, majalah, surat kabar, website, dan jejaring sosial seperti facebook, whatsapp, twitter, selalu menemukan kata rahimahullah dan hafidzahullah. Dalam hati kita mungkin bertanya-tanya. Apa arti kedua kata tersebut? Kemudian apakah perbedaannya? Langsung saja, berikut akan kami sampaikan pengertian masing-masing.
Baca juga artikel menarik : bedanya muhrim dan mahram.

1. Rahimahullah  Berarti " semoga Allah merahmatinya ". Penggunaanya khusus kepada orang yang Islam yang sholeh dan lurus jalan hidupnya serta yang bersangkutan telah wafat.
2. Hafidzahullah   Memiliki arti " semoga Allah menjaganya ". Dipakai untuk seorang muslim sholeh yang masih hidup. Biasanya gelar ini disematkan kepada ulama, kiyai, ustadz, orang tua kita, dan orang-orang yang berjasa dalam dakwah Islam.

Jadi, jelas sekali perbedaannya. Intinya adalah kalau yang rahimahullah itu gelar bagi orang sholeh yang masih hidup sedangkan hafidzahullah dipakai untuk orang sholeh yang telah wafat. Nah, misalkan ada seorang ulama namanya sebut saja "Yahya". Kalau dia masih hidup maka bisa disebut Yahya hafidzahullah sedangkan bila telah meninggal dunia maka sebutannya menjadi Yahya rahimahullah. Semoga bermanfaat dan kita bisa tepat dalam menggunakan istilah tersebut di kehidupan sehari-hari.
Baca juga artikel : doa sebelum dan sesudah wudhu lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Perbedaan Arti Rahimahullah dan Hafidzahullah