Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Lengkap Latin dan Artinya

Kita mestinya membiasakan membaca kumpulan doa mau sebelum dan sesudah belajar dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak sekolah yang sedang belajar di kelas sangat ditekankan untuk tidak melupakan berdoa dalam memulai aktivitasnya. Bapak dan ibu guru sebaiknya selalu memulai doa di kala mau melakukan kegiatan belajar mengajar. Di rumah pun, ketika murid atau siswa mau belajar mengulangi pelajaran atau pun hendak mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah), tidak lupa juga untuk berdoa. Seluruh aktivitas belajar seharusnya tidak pernah meninggalkan doa.  Sehingga kemudahan, keberkahan, keselamatan dan kesuksesan serta keridhaan bisa kita raih. Di samping berdoa, dalam mencari atau menuntut ilmu, seorang santri, pelajar atau pencari ilmu hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Menghormati seorang guru, dosen, ustadz - ustadzah, kyai, dan syaikh merupakan hal yang tak boleh ditinggalkan. Bagaimanapun, mereka adalah pihak yang berjasa besar akan sampainya ilmu itu ke diri kita. Memuliakanya adalah perbuatan yang sangat terpuji. Bahkan, tatkala kita nanti sudah sukses dalam kehidupan, mereka tak boleh dilupakan untuk disebut jasanya sekaligus dimulyakan. Berikut ini kami sajikan beberapa doa sebelum dan sesudah belajar.


DOA SEBELUM BELAJAR PERTAMA

Doa Sebelum Belajar Pertama

RABBI  ZIDNII  'ILMAN WARZUQNII FAHMAA, WAJ'ALNII MINASH-SHAALIHIIN

Artinya :

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"


DOA SEBELUM BELAJAR KEDUA

Doa Sebelum Belajar


ALLAAHUMMAFTAH LANA HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAINAA RAHMATAKA MIN KHOZAA INI ROHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIIN.

Artinya:

" Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih."


DOA SEBELUM BELAJAR KETIGA

Doa Sebelum Belajar


ALLAAHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN

Artinya:

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling Penyayang."


DOA SEBELUM BELAJAR KEEMPAT

Doa Sebelum Belajar


ALLAHUMMA INNI AS ALUKA ‘ILMAN NAFI’AN WA RIZQAN THOYIBAN WA ‘AMALAN MUTAQABBALAN

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima."


DOA SEBELUM BELAJAR KELIMA

Doa Sebelum Belajar


“RADLITTU BILLAHIRABBA, WABIL ISLAAMIDINAA, WABIMUHAMMADIN NABIYA WARASULAA, RABBI ZIDNII ‘ILMAA WARZUQNII FAHMAA”.

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"


DOA SETELAH BELAJAR PERTAMA

Doa Sesudah Belajar


ALLAHUMMA ARINAL HAQQA HAQQAN WARZUQNAT TIBAA'AHU. WA ARINAL BAATHILA BAA-THILAN WARZUQNAJ TINAABAHU

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"


DOA SESUDAH BELAJAR KEDUA

Doa Setelah Belajar


RABBANAN FA'NAA BIMA 'ALAMTANALDZII  YANFA'UNAA WA ZIDNAA 'ILMAN WALHAMDULILLAHI 'ALA KULLI HAL

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."


DOA SETELAH BELAJAR KETIGA

Doa Sesudah Belajar


ALLAAHUMMA INNII ISTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAMIIN

Artinya :

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

Semoga kita bisa istiqomah mengamalkan doa tersebut. Baca juga : Bacaan Talbiyah Haji Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Lengkap Latin dan Artinya