Macam Macam Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya

Macam-macam bacaan istighfar lengkap arab latin arti dan maknanya yang diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam yang shahih. Membacanya diulang-ulang. Bisa 1 kali, 3 kali, bahkan ada yang sampai 100 kali. Teman-teman tentu sudah sangat sering mendengar tentang kalimah istighfar. Sesudah kita melaksanakan shalat wajib, biasanya kita juga membaca istighfar. Dalam sehari semalam kita melaksanakan sholat wajib 5 (lima) waktu yaitu : subuh , dhuhur, ashar, maghrib, dan isya'. Inti dari istighfar adalah permohonan ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan oleh kita sebagai manusia. Sungguh merupakan bacaan yang amat mulia. Dalam ajaran Islam, memohon ampun  sangat penting sehingga tidak boleh ditinggalkan. Perjalanan hidup manusia tidak lepas dari salah dan dosa. Meskipun ia juga melakukan amal sholeh, tetapi dalam kesempatan yang lainnya kita tak luput dari sebuah kesalahan. Istighfar bisa menjadi sarana dalam membersihkan jiwa kita. 

Ada beberapa macam bacaan istighfar. Dari yang paling pendek hingga yang agak panjang. Berikut ini marilah kita simak bersama :

Yang pertama, 

Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya yang Pertama

“ASTAGHFIRULLAH.”
Artinya :
" Aku memohon ampun kepada Allah."

 Yang kedua,
Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya yang Kedua

"ASTAGHFIRULLAAHA WA ATUUBU ILAIHI"
Artinya :
“Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya”.
Yang ketiga,  
Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya yang Ketiga


"ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI"
Artinya :
" Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadaNya."

Yang keempat,

Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya yang Keempat


"RABBIGHFIRLII WATUB 'ALAYYA INNAKA ANTAT TAWWAABUR RAHIIM"
Artinya :
“Wahai Rabbku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Yang kelima, bacaan istighfar ini sering dikenal sebagai sayyidul istighfar.

Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya yang Kelima


ALLAAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA"
Artinya :
”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau” 

Perintah untuk memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala tercantum dalam Al Quran Surat An-Nisa ayat 110.

Al Quran Surat An-Nisa ayat 110


Artinya :
" dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan Menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Membaca istighfar dalam agama Islam yang mulia ini memiliki makna bahwa seorang hamba memohon terus akan ampunan dari segala kesalahan dan dosa yang ia perbuat. Tidak hanya terletak pada ucapan di mulut saja. Namun, harapannya ia juga selalu mengingat akan kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala tatkala mulai tergoda untuk berbuat dosa. Jikalau sudah terlanjur melakukannya maka sesegara mungkin ia sadar dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala serta bertaubat untuk tidak ingin terulang kembali kesalahan itu. Semoga bermanfaat tulisan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Macam Macam Bacaan Istighfar Lengkap Arab Latin Arti dan Maknanya