Hukum Tajwid Bacaan Al-Quran Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Beserta Penjelasan dan Alasannya

Hukum Tajwid Bacaan Al-Quran Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Beserta Penjelasan dan Alasannya

Hukum tajwid Al-Quran Surat Ali Imran ayat 190-191 lengkap beserta penjelasan dan alasannya sangat penting untuk kita pelajari. Termasuk pula bagaimana cara membacanya dengan benar pun hendaknya dipelajari dengan baik. Sudah selayaknya sebagai muslim yang baik kita banyak mengkaji kitab suci Al-Quran. Dengan belajar secara terus menerus tentang tajwid ini maka bacaan Al-Quran kita pun akan semakin bagus. 

Tentu kita semua orang selalu menginginkan hal seperti itu. Kali ini, admin blog poskajian akan mencoba membantu teman-teman yang hendak menganalisa hukum tajwid dari ayat di atas. Diharapkan nantinya dengan analisis tajwid ini para pelajar di sekolah, santri dan juga para pembaca semua dapat mengambil manfaatnya. 

Kemanfaatan dari tulisan ini menjadi sangat penting. Ketika sebuah tulisan bermanfaat maka akan mengundang rasa bahagia bagi kami yang menulisnya. Ibaratnya ini akan menjadi sebuah hal yang saling menguntungkan. Baik itu bagi seorang penulis maupun siapa saja yang membacanya.

Hukum Tajwid Bacaan Al-Quran Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Penjelasan dan Alasannya



Penjelasan hukum bacaan yang ada di nomor-nomor di atas adalah sebagai berikut.
1. اِنَّ = Ghunah atau nun tasydid cara membacanya dengan berdengung dan ditahan selama 3 harakat.
2. فِيْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Untuk cara membacanya dipanjangkan selama 2 harakat.
3. السَّمٰوٰتِ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin).
4. السَّمٰوٰتِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya dipanjangkan selama 2 harakat.
5. السَّمٰوٰتِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf wau berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
6. الْاَرْضِ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
7. وَاخْتِلَافِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8.  الَّيْلِ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ya'. Dibaca dengan jelas tanpa dengung.
9.  الَّيْلِ = Mad layin atau mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah.
10. النَّهَارِ = Ghunah atau nun tasydid cara membacanya dengan ghunnah dan ditahan selama 3 harakat. Juga terdapat hukum Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun).
11. النَّهَارِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. لَاٰ = Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. لَاٰيٰتٍ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya' berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. لَاٰيٰتٍ لِّاُ = Idgham bilaghunnah karena huruf ta' berharakat kasrah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
15. الْاَ لْبَابِ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
16. الْاَ لْبَابِ = Qalqalah kubra karena huruf qalqalah qaf diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.
17. الَّذِيْنَ  = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham atau masuk ke huruf lam.
18.  الَّذِيْنَ  = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19.  كُرُوْنَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. كُرُوْنَ اللهَ  = Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah berharakat fathah. Cara membacanya tebal. 
21. قِيَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. قِيَا مًا وَّ = Idgham bighunnah karena huruf mim berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
23. قُعُوْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf 'ain berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
24. قُعُوْدًا وَّ = Idgham bighunna h karena huruf dal berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
25. عَلٰى = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. جُنُوْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. جُنُوْبِهِمْ وَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf wau. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
28. يَتَفَكَّرُوْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
29. فِيْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. السَّمٰوٰتِ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin).
31. السَّمٰوٰتِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. السَّمٰوٰتِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf wau berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
33. وَالْاَرْضِۚ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
34. رَبَّنَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
35. مَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
36. خَلَقْتَ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
37. هٰذَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
38. هٰذَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
39. بَاطِلًاۚ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
40. بَاطِلًاۚ = Mad 'iwadh karena lam alif berharakat fathah tanwin dan diwaqaf jaiz. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
41. سُبْحٰنَكَ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
42.  سُبْحٰنَكَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha' berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
43. فَقِنَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
44. عَذَا بَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
45. النَّارِ = Pada nomor ini ada tiga hukum tajwid sekaligus: a). Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun). b). Ghunah atau nun tasydid cara membacanya dengan berdengung dan ditahan 3 harakat. c). Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Setelah kita membaca hasil analisis tajwidnya di atas maka kita bisa ketahui bahwasannya di dua ayat tersebut hukum-hukum tajwidnya antara lain:
  • Nun tasydid atau ghunnah ada 3
  • Mad asli atau mad thabi'i ada 24
  • Alif lam syamsiyah ada 5
  • Alif lam qamariyah ada 3
  • Mad layin atau mad lin ada 1
  • Mad badal ada 1
  • Idgham bilaghunnah ada 1
  • Mad arid lissukun ada 2
  • Qalqalah kubra ada 1
  • Tafkhim ada 1
  • Idgham bighunnah ada 2
  • Idhzar syafawi ada 1
  • Qalqalah sughra ada 2
  • Mad ‘iwadh ada 1

Selanjutnya untuk terjemah atau arti dari Al-Quran Surat Ali-Imran ayat 190-191 ialah :
Ayat 190 : "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal."
Ayat 191 : "(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka."

Begitu pentingnya kita mempelajari tentang hukum tajwid pada sebuah ayat Al-Quran. Tiada jemu pula sebaiknya kita mempelajarinya. Kala kita sudah bisa mengetahui analisis dari hukum tajwid ayat di atas maka tatkala membacanya nanti kita tidak akan kesulitan lagi. 

Kita bisa membaca ayat tersebut dengan benar dan fasih. Bila hendak menghafalkannya pun tentu akan berkualitas juga hafalannya. Semoga bermanfaat pembahasan ini untuk teman-teman semuanya. Kita berjumpa di pembahasan tajwid untuk ayat yang lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Bacaan Al-Quran Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Beserta Penjelasan dan Alasannya

0 comments:

Posting Komentar