Hukum Tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 53 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang menyenangkan kali ini kita akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar ayat 53 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Sangat beruntung mereka yang sudah bisa membaca Al-Quran. Banyak keutamaannya. Untuk yang belum lancar maka kita bisa mulai belajar saja mulai sekarang. Mengenai surat Az-Zumar ini adalah yang ke 39 di dalam Al-Quran. Az-Zumar artinya rombongan-rombongan. Baiklah, mari langsung saja kita simak di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Az-Zumar Ayat 53 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Untuk penjelasan secara rinci dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ya' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ba' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
4. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
7. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
Baca juga : Bacaan Shalawat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
8. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya dengan jelas.
9. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
11. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf tha berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Idgham bilaghunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf ra' tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
13. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ta' berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
14. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
15. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
16. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah dzal. Dibaca idgham (masuk ke huruf dzal ).
Baca juga : Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
17. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf mim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad 'iwadh karena 'ain berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
20. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
21. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ghain. Dibaca secara jelas.
23. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
24. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah ra'. Dibaca idgham (masuk ke huruf ra' ).
25. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Kemudian untuk latin dari Surat Az-Zumar ayat 53 yaitu :
QUL YAA 'IBAADIYALLADZIINA ASRAFUU 'ALAA ANFUSIHIM LAA TAQNATHUU MIRRAHMATILLAAHI INNLLAAHA YAGHFI RUDZDZUNUUBA JAMII'AA. INNAHUU HUWAL GHAFUURURRAHIIM.

Arti dari Surat Az-Zumar ayat 53 adalah 
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Surat Az-Zumar ayat 53 ini yakni :
1. Kepada orang-orang yang berbuat dosa supaya tidak berputus asa dari rahmat Allah. 
2. Allah Swt. memberikan kabar gembira kepada hamba-Nya. Allah Swt. maha mengampuni dosa-dosa yang dilakukan hamba-Nya yang mau bertaubat. Meskipun begitu banyak dosanya hingga diibaratkan seperti buih di lautan. Tobat hendaknya tidak ditunda-tunda dilakukan. 
3. Allah Swt. juga maha penyayang kepada para hamba-Nya.

Nah, sampai di sini dahulu. Amat bagus sekali bila kita membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari. Amalan rutin ini lebih disukai Allah Swt. Semoga bermanfaat untuk pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 53 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya