Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 146 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Dalam kesempatan yang baik ini kami akan menyajikan analisis hukum tajwid surat An-Nisa ayat 146 lengkap dengan penjelasannya. Kemudahan dan kesuksesan semoga selalu menyertai kehidupan teman-teman semua. Dengan kita mengerti dan memahami ilmu tajwid maka kita akan bisa membaca Al-Quran dengan tartil. Untuk mengetahui lebih jauh hukum tajwid dari dari surat An-Nisa ayat 146, mari kita simak saja berikut ini :
Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 146 Lengkap

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
7. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf shad berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya dengan jelas.
11. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah lam berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
12. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
13. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
14. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat. Namun, bila tidak berhenti di sini maka hukumnya menjadi mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Masuk WC Lengkap Arab Latin dan Artinya.
15. Mad lin alasannya huruf wau sukun didahului oleh huruf sin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
16. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ta berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
17. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
Baca juga : tulisan innalillah yang benar .
20. Idzhar sebab huruf ra berharakat fathah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
21. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf zha berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Mad 'iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Membaca Al-Quran sangatlah penting. Aktivitas ini hendaknya tidak ditinggalkan dalam keseharian kita. Bahkan, semenjak usia dini harus sudah diajarkan cara membaca Al-Quran itu. Alhamdulillah, kini sudah banyak Taman Pendidikan Al-Quran yang mewadahi anak-anak untuk belajar membaca Al-Quran. Biasanya bertempat di masjid. Termasuk pula adanya madrasah-madrasah di mana-mana. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 146 Lengkap Dengan Penjelasannya