Apa Pengertian Fastabiqul Khairat ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya sering mendengar dan juga membaca kalimat fastabiqul khairat. Salah satunya ketika saya mengikuti pengajian di masjid. Sang nara sumber atau ustadz di akhir ceramahnya mengajak kepada seluruh jamaah peserta pengajian untuk selalu melakukan fastabiqul khairat dalam ibadah dan kehidupan ini. Tidak hanya sekali saja saya mendengar kalimat tersebut. Di lain kesempatan, saya juga pernah membaca tulisan fastabiqul khairat yang tertulis di sebuah baner. Yang ingin saya tanyakan adalah fastabiqul khairat dalam ibadah artinya apa? Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sering mendengar pengajian adalah bagian dari bentuk aktivitas menuntut ilmu agama Islam. Sedang menuntut atau mencari ilmu itu kewajiban bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan. Tanpa terkecuali bagi anak-anak hingga orang dewasa bahkan sampai orang yang sudah tua. Dengan anda sering ikut pengajian itu maka akan bertambah ilmunya. Akan lebih baik lagi, bila anda bisa mengajak keluarga dan saudara dekat. Kebaikan akan bertambah bila ditularkan kepada yang lainnya. Orang-orang yang ada di sekitar kita pun sebetulnya ingin sekali memperoleh kebaikan.

Berkaitan dengan pertanyaan fastabiqul khairat dalam ibadah itu apa pengertiannya apa. Kita simak terlebih dahulu tulisan arabnya dari fastabiqul khairat tersebut di bawah ini.

fastabiqul khairat dalam ibadah artinya

Arti dari lafazh itu ialah maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Lafazh tersebut sebetulnya dari Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 148, yang artinya : " Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu". Kemudian lafazh tersebut juga terdapat dalam Surat Al-Maidah ayat 48, yang artinya : "Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan".

Nah, fastabiqul khairat dalam ibadah artinya berlomba-lomba dalam kebaikan beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Setiap muslim memang sudah seharusnya untuk bersegera melakukan ibadah untuk mendapatkan ridha-Nya. Tanpa harus menunggu orang lain atau malah menunda-nundanya. Kesempatan yang diberikan Allah subhanahu wa ta'ala dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Kita diberi kesehatan maka dipakai untuk shalat tepat waktu secara berjamaah di masjid. Bila diberi keluasan harta maka digunakan sebagiannya untuk melaksanakan haji dan umrah serta rajin bersedekah. Jika diberi ilmu maka disebarluaskan ilmunya itu agar banyak orang yang mendapat manfaatnya. Amal shaleh yang telah dilakukan diperbaiki terus menerus. Semuanya perlu ilmu. Maka menuntut ilmu itu penting. Ketika kita berprofesi menjadi pedagang pun kita hendaknya menjadi pedagang yang jujur. Termasuk pula orang yang memiliki pekerjaan lainnya seperti petani, karyawan, peternak, dan sebagainya. Semua hendaknya melakukan pekerjaannya dengan baik. Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat. Wallahu a'alam.
Baca juga : Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Pengertian Fastabiqul Khairat ?