Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 4 Lengkap Beserta Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman yang berbahagia, pada pagi hari sesudah melaksanakan shalat subuh ini,  kami akan membahas analisis hukum tajwid Surat An-Nisa Ayat 4 lengkap beserta penjelasannya. Membaca Al-Quran merupakan suatu amalan yang amat mulia. Setiap muslim hendaknya bisa melakukannya. Namun, kita pun mestinya mengetahui ilmu dalam membaca Al-Quran ini. Sehingga bacaan kita bisa benar dan baik. Ilmu yang mempelajari tata cara membaca Al-Quran dengan benar dinamakan tajwid. Kami yakin teman-teman sudah sering mendengarnya. Untuk menambah wawasan ilmu tajwid kita, sebaiknya kita simak analisis hukum tajwid di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 4

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. 
3. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat. Huruf qaf berharakat fathah tegak sama artinya ketika huruf qaf berharakat fathah bertemu huruf alif.
5. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
6. Disebut ta marbutah cara membacanya bila waqaf maka huruf ta berubah menjadi huruf ha yang diwaqaf.
7. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf tha. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
8. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
Baca juga : Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.
10. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf syin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf syin.
11. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
12. Idgham bighunnah karena huruf hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
13. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
14. Ikhfa karena huruf sin berharakat fathah tanwin bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
17. Idgham bighunnah karena huruf hamzah berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
18. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
19. Mad 'iwadh karena hamzah berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Tatkala kita membaca sebuah ayat dalam Al-Quran, kita akan menemui hukum-hukum bacaan. Bila kita membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah hukum tajwid maka bacaan kita tersebut akan benar dan baik. Maka, bila saat ini kita ingin memperbaiki kualitas bacaan Al-Quran maka hendaknya belajar tentang tajwid. Salah satu cara belajarnya diantaranya dengan sering membaca analisis tajwidnya. Hal tersebut sedikit banyak akan membantu. Sampai di sini dulu semoga kajian kita kali ini memberi manfaat kepada para pembaca semua. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 4 Lengkap Beserta Penjelasannya