Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pada kesempatan ini, saya mau bertanya kepada Bapak yaitu bagaimana tulisan arab wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh itu? Di berbagai tempat, saya sering menjumpai tulisan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh atau bacaan salam. Umumnya di atas atau samping pintu masuk sebuah rumah. Tatkala saya berkunjung ke rumah teman atau saudara sering saya melihatnya. Otomatis saya pun membacanya. Bermacam-macam cara menulisnya. Ada yang dibuat ukiran di kayu dan tulisan dalam bentuk stiker yang ditempel. Tidak hanya tulisan arabnya saja tetapi juga ada latin dan artinya. Nah, yang saya jarang melihatnya malah tulisan dari jawaban salam. Maka pada saat ini saya bertanya Pak. Mohon dijelaskan pula tentang artinya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Apa yang anda tanyakan ialah tentang bacaan salam. Memang ketika kita mau masuk rumah hendaknya membaca salam terlebih dahulu. Baik itu rumah sendiri atau terlebih lagi masuk ke rumah milik orang lain. Misalnya ketika sedang bertamu atau kepentingan yang lainnya. Ini termasuk adab yang sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Perkara seperti ini tidaklah berat sebetulnya. Sangatlah ringan. Hanya saja, untuk bisa mudah melakukannya maka perlu membiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan pertanyaan anda tadi, tulisan arab wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah sebagai berikut.

Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Latinnya adalah WASSALAAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH.
Arti dari lafazh itu adalah dan semoga keselamatan dan rahmat Allah dan berkah-Nya terlimpah kepadamu. 

Tatkala kita mendengar lafadz itu maka kita tidak akan lagi bingung. Kita sudah tahu tulisannya dalam bahasa arab. Kemudian kita juga sudah tahu arti atau terjemahannya. Kita sendiri pun juga sangatlah sering dalam mengucapkan lafadz ini. Utamanya saat menjawab salam. Sering kan kita mendengar orang yang mengucapkan salam? Dari situ kita berkewajiban untuk menjawabnya. Dan lafadz yang kita bahas kali inilah jawabannya.

Demikian jawaban singkat kami, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh