Ayat Al-Quran Tentang Pasangan Hidup

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pagi ini sangat cerah. Suasananya amat menyenangkan. Cerahnya pagi ini juga sama dengan kondisi hati teman-teman semuanya. Kita akan membahas ayat Al-Quran tentang pasangan hidup lengkap dengan terjemahan. Masalah jodoh memang menjadi topik yang tidak akan pernah redup di dalam pembicaraan manusia. Tiada hari mungkin yang lepas dari obrolan mengenai jodoh atau pasangan hidup ini. 

Terutama bagi mereka yang berusia muda atau belum melangsungkan pernikahan. Laki-laki mencintai wanita dan juga sebaliknya merupakan hal yang normal dalam hidup ini. Masalah cinta berkaitan sekali dengan jodoh. Mereka yang masih remaja pun kadang bertanya-tanya dalam dirinya. Siapa yang akan menjadi jodohnya nanti. Hanya saja, tiada satu pun orang yang bisa menjawabnya. Ia sendiri yang akan mengetahuinya nanti. Meski pun demikian, tiap orang tentu memiliki keinginan yang sama tentang jodoh itu. Mereka ingin mendapatkan jodoh yang baik.

Al-Quran merupakan petunjuk hidup manusia yang ingin menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Semua hal ada di dalamnya. Permasalahan yang kecil hingga yang besar semuanya ada. Termasuk pula mengenai masalah jodoh atau pasangan hidup ini. Baiklah, langsung saja kita simak beberapa ayat Al-Quran yang membahas masalah pasangan hidup.

1. Surat Al-Maidah ayat 5

Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 5

Artinya :
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik-baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.

2. Surat An-Nisa Ayat 1

Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 1

Artinya :
Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

3. Surat Ali-Imran Ayat 14

Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 14

Artinya :
Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

4. Surat Az-Zariyat Ayat 49

Al-Quran Surat Az-Zariyat Ayat 49

Artinya :
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).

Itulah beberapa ayat Al-Quran tentang pasangan hidup lengkap dengan terjemahannya. Sekali lagi yang namanya pasangan hidup itu amat penting. Sudah selayaknya setiap insan yang beriman memperhatikan pasangan hidupnya. Baik dalam proses pencarian bagi mereka yang belum menikah. Atau pun bagi yang sudah menikah tetap selalu memperhatikan pasangannya dengan diajak selalu untuk hal yang baik. Demikian semoga kajian kali ini menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Ayat-ayat Sajdah Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Ayat Al-Quran Tentang Pasangan Hidup