Hukum Tajwid Surat Al-Furqan Ayat 2 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan mempelajari analisis hukum tajwid surat Al-Furqan ayat 2 lengkap dengan penjelasannya. Memang, bila kita ingin membaca Al-Quran dengan benar maka perlu sekali untuk mempelajari ilmu tajwid ini. Tidaklah sulit sebetulnya ilmunya. Tinggal kita sering-sering saja membaca analisis tajwid dari suatu ayat Al-Quran saja maka kita sudah berproses untuk belajar Al-Quran. Dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan menjadi paham tentang hukum-hukumnya. Bacaan Al-Quran pun akan semakin lancar dan baik. Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian hukum tajwid berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Furqan Ayat 2

Penjelasan dari nomor-nomor di bawah ayat di atas yakni :
1. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf lam. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin ).
5. Mad asli atau mad thabi’I karena huruf mim berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’I karena huruf wau berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
8. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ya. Cara membacanya dengan jelas.
9. Idgham bighunnah karena huruf dal berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
10. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ya. Cara membacanya dengan jelas.
11. Idgham bilaghunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
Baca juga artikel : posisi imam dan makmum wanita dalam shalat berjamaah.
12. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf syin. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Ikhfa karena huruf kaf berharakat dhamah tanwin bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa.
15. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
16. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
17. Ikhfa karena huruf hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa.
18. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf ta. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad 'iwadh karena ra berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Ketika kita sudah selesai membaca analisis tajwidnya. Selanjutnya, kita perlu segera untuk mempraktekkannya di dalam membaca Al-Quran. Praktek atau amal inilah yang amat penting. Dengan mempraktekkan ilmu tajwid di dalam bacaan Al-Quran maka semakin bermanfaatlah ilmu yang dipelajari. Kita pun akan diberi pahala yang banyak. Demikian kajian kali ini semoga kita selalu dimudahkan dalam belajar ilmu tajwid. Wssalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula artikel : Doa masuk rumah lengkap latin dan artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Furqan Ayat 2 Lengkap Dengan Penjelasannya