Doa Memasukan Jenazah Ke Liang Lahat Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada hari ini yang cuacanya begitu cerah ini kita akan membahas doa memasukan jenazah ke liang lahat latin dan artinya. Begitu lengkap sekali. Sering pula disebut sebagai doa meletakkan jenazah ke dalam kubur. Teman-teman sekalian mungkin punya pertanyaan di dalam hati. Tentang doa menguburkan jenazah ini. Seorang muslim yang masih hidup memiliki kewajiban terhadap saudaranya yang telah meninggal dunia. Kewajiban tersebut yaitu memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan terakhir menguburkannya. Keempat hal itu harus dilakukan dengan baik. Tidak boleh ditinggalkan salah satu dari hal itu. Meskipun untuk melaksanakan keempat kewajiban itu memang tidak bisa sendiri juga. Perlu bekerja sama dengan muslim lainnya. Inilah pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong di dalam Islam.

Setelah jenazah sudah dimandikan dan dikafani maka selanjutnya kita kaum muslimin membaca doa shalat jenazah dengan khusyu'. Hal ini dilakukan di dalam shalat jenazah yang ada tata caranya tersendiri. Di dalam blog poskajian ini kita telah membahas tata cara shalat jenazah dengan lengkap sekali. Kemudian yang paling akhir adalah menguburkan jenazah tersebut ke liang lahat. Inilah akhir dari perjalanan hidup seorang manusia di alam dunia yang fana. Pada akhirnya, siapa pun dia saat ini. Apakah orang yang kaya raya, tenar, paling cantik, paling ganteng, atau punya paling-paling lainnya. Kelebihan-kelebihan apa pun yang dimiliki tetap pada akhirnya akan kembali kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Itulah yang dinamakan kematian.

Di dalam Al-Quran, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam Surat Ali-Imran ayat 185, yang artinya : Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. Di dalam ayat lainnya juga disebutkan tentang masalah kematian ini, yakni di dalam Surat Al-Haqqah ayat 27 yang artinya, Wahai, kiranya (kematian) itulah yang menyudahi segala sesuatu. Masih banyak lagi ayat-ayat Al-Quran yang berisikan tentang pembahasan kematian itu. Sesuatu yang dibahas di dalam Al-Quran maka tentunya itu merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia.

Dalam beberapa tata cara ibadah, terdapat yang namanya gerakan dan juga bacaannya. Misalnya saja shalat wajib. Dari awal hingga akhir kita melakukan beberapa gerakan yang sudah ditentukan. Tak hanya itu saja. Ada yang namanya bacaan di dalam shalat tersebut. Misalnya: ada doa iftitah, doa ruku, doa i'tidal, doa sujud, dan lain sebagainya. Maka ketika kita meletakkan jenazah ke liang lahat terdapat pula doa yang mestinya dibaca. Lafazh doa memasukan jenazah ke liang lahat latin dan artinya adalah

Doa Memasukan Jenazah Ke Liang Lahat

Latinnya :
BISMILLAAHI WA 'ALAA SUNNATI RASULILLAAH.
Artinya:
Dengan nama Allah dan di atas petunjuk Rasulullah.


Bacaan tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.
Kita juga bisa membaca doa yang lainnya yakni:

Doa Meletakan Jenazah Ke Kubur

Latinnya :
BISMILLAAHI WA 'ALAA MILLATI RASULILLAAH.
Artinya:
Dengan nama Allah, dan menurut agama Rasulullah.

Bacaan yang terakhir ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad.
Kedua bacaan di atas sangatlah pendek. Teman-teman tentu akan sangat mudah untuk menghafalkannya. Bila telah hafal maka tinggal mempraktekkannya atau mengamalkannya. Inilah inti dari suatu ilmu yakni pada pengamalannya. Itulan yang paling penting. Sehingga mempelajari suatu ilmu menjadi hal yang amat penting pula. Demikian pembahasan tentang doa memasukan jenazah ke liang lahat latin dan artinya ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Memasukan Jenazah Ke Liang Lahat Latin dan Artinya