Tulisan Arab Barakallah Fii ilmi dan Artinya

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saya pernah mendengar ucapan barakallah fii ilmi dari seseorang kepada orang lain. Ucapan tersebut tepatnya disampaikan saat momen selesainya wisuda sarjana S1 jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Tidak hanya sekedar ucapan lisan. Tetapi, tulisan tersebut pun juga pernah tertulis di media sosial. Kaitannya juga sama yakni telah selesainya seseorang menjalani pendidikan di sebuah pondok pesantren. Yang ingin saya tanyakan kepada Bapak. Bagaimana tulisan arab barakallah fii ilmi dan artinya? Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang benar sekali banyak kita dengar ucapan barakallah fii ilmi tersebut. Terutama saat selesainya seseorang menjalani pendidikan. Baik itu di sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren, maupun yang lainnya. Menyelesaikan pendidikan memang sebuah momen yang membahagiakan sekali. Betapa tidak. Bertahun-tahun proses pendidikan itu dilalui dengan sabar dan tekun. Segala susah payah dijalani guna menggapai cita-cita. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat menjadi tujuannya. Kegembiraan itu tidaklah boleh sampai kita melupakan doa kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Maka saat yang membahagiakan bagi kita itu, amat baik bila kita mengucapkan barakallah fii ilmi. Mengenai tulisan arabnya yakni
Tulisan Arab Barakallah Fii ilmi

Artinya adalah semoga Allah memberkahi ilmuku.

Terdapat pula kalimat lainnya yang hampir sama dengan hal yang sedang kita bahas ini. Diantara kalimat tersebut yaitu:
1. Barakallah Fii ilmik
Tulisan Arab Barakallah Fii ilmik

yang artinya semoga Allah memberkahi ilmumu.

2. Barakallah Fii ilmika
Tulisan Arab Barakallah Fii ilmika

artinya semoga Allah memberkahi ilmumu (khusus untuk laki-laki)

3. Barakallah Fii ilmiki
Tulisan Arab Barakallah Fii ilmiki

artinya semoga Allah memberkahi ilmumu (khusus untuk perempuan)

Tidak hanya saat menyelesaikan pendidikan yang fomal saja sebetulnya. Tatkala seseorang mengikuti pelatihan atau kursus untuk mendapatkan sebuah ilmu yang bermanfaat. Boleh pula mengucapkan doa seperti di atas. Saat seseorang selesai menghafalkan 1 juz sampai 30 juz Al-Quran di sebuah rumah tahfidz maka layak pula mengucapkan barakallah fii ilmi. Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tulisan Arab Barakallah Fii ilmi dan Artinya