Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 98 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pagi ini suara burung-burung di pepohonan dekat rumah saling bersahutan. Tidak sebagaimana kemarin. Maklumlah, cuaca kemarin hujan rintik-rintik dari pagi hingga siang hari. Namun, sekarang cuaca amat cerah. Sinar matahari begitu terangnya menyinari di kampung kami. Semua itu menjadi sebuah pemandangan yang indah di pagi hari ini. Tak lupa kita pun sebaiknya menggunakan momen yang baik ini untuk menambah pengetahuan tentang ilmu tajwid. Sebuah ilmu yang membahas dengan rinci tentang bagaimana cara membaca Al-Quran dengan baik serta benar. Kali ini kita akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran surat An-Nahl ayat 98 lengkap dengan penjelasannya. Silakan teman-teman menyimaknya berikut ini.
Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 98

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni:
1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.
3. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
5. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke huruf syin ).
6. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tha berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke huruf ra ).
9. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Amat jelas sekali penjelasan atau ulasannya. Sehingga kita sudah sangat terbantu dengan hasil analisis tersebut. Selanjutnya tinggal diterapkan di dalam bacaan Al-Quran. Sampai di sini dulu kita akan bertemu kembali pada kesempatan yang lainnya. Semoga bermanfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Silakan baca juga artikel : Doa Bepergian Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 98 Lengkap Dengan Penjelasannya