Resep Membuat Kue Lupis Enak

Resep Kue Lupis

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Teman-teman pembaca blog poskajian yang berbahagia. Kali ini kami mau berbagi tentang bagaimana membuat suatu makanan yang sederhana dan bisa dikerjakan di rumah. Setidaknya ini bisa menjadi informasi menarik buat teman-teman yang suka masak. Atau teman-teman yang suka mencoba aja. Misalnya mengisi waktu liburan akhir pekan atau waktu luang lainnya. Memang amat istimewa bila kita bisa membuat sebuah sajian sendiri. Tapi bingung mungkin, sajian apa ya? Nah, bagaimana kalau kita membuat kue lupis yang enak dan istimewa. Rasanya yang enak tentu akan disukai seluruh anggota keluarga. Mari kita lihat aja resepnya berikut :

Bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gr gula merah 
  • 1 kg beras ketan 
  • garam secukupnya
  • 1/4 butir kelapa parut 


Cara Membuat Kue Lupis Enak :
  1. Pertama, masaklah ketan dengan air sampai setengah matang.
  2. Bungkus ketan dengan daun pisang. Bentuknya bisa segitiga (satu sendok makan beras ketan setiap satu bungkus) atau bisa juga memilih bentuk bulat memanjang (satu cangkir beras ketan setiap satu bungkus).
  3. Beras ketan yang sudah dibungkus daun pisang, kemudian kukuslah sampai benar-benar matang.
  4. Lalu rebus, gula merah menjadi sirup kental. Berilah sedikit garam pada kelapa parut.
  5. Untuk kue lupis yang berbentuk segitiga bisa langsung disajikan setelah dibuka, namun yang berbentuk bulat memanjang bisa dipotong-potong dengan tebal 1 cm terlebih dahulu.
  6. Sajikan kue lupis di piring kecil.
  7. Jangan lupa taburi kelapa parut dan gula merah cair.


Selanjutnya, supaya kue lupis bisa lebih nikmat, sebaiknya pilihlah kelapa yang agak muda untuk bahan kelapa parutnya. Mantap rasanya. Sekarang bisa langsung saja dicoba di rumah resep kue lupis tersebut. Pasti enak deh. Semoga bermanfaat ya. Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Resep Membuat Kue Lupis Enak