Ibadah Haji Dilaksanakan Pada Bulan Apa?

ibadah haji dilaksanakan pada

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Setiap tahun saya selalu mendengarkan berita tentang prosesi ibadah haji di tanah suci. Di berbagai media seperti televisi, radio, dan berita online tidak sepi dalam memberitakan apa saja yang berkaitan dengan ibadah haji ini. Yang ingin saya tanyakan ibadah haji dilaksanakan pada bulan apa? Sebab antara tiap tahun saya menemui terkadang beda bulan pelaksanannya. Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Untuk menjawab pertanyaan anda ini, maka kami tuliskan Surat Al-Baqarah ayat 197, yang artinya: (Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!

Terkait dengan ibadah haji dilaksanakan pada bulan apa? Ibadah haji puncak pelaksanaanya pada bulan Dzulhijjah. Tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Nah, maksud bulan-bulan yang telah dimaklumi seperti tersebut pada ayat di atas yakni bulan Syawal, Dzulqa'dah dan sampai bulan Dzulhijjah. Inilah bulan-bulan dimana ibadah haji dilaksanakan oleh kaum muslimin.

Tentang mengapa bulan pelaksanaan haji tiap tahun berbeda? Sebab yang dipakai pedoman dengan kalender miladiyah atau masehi. Pada penanggalan ini dimulai bulan januari, februari, hingga desember. Sedang waktu ibadah haji pelaksanaannya menggunakan penanggalan atau kalender hijriyah. Tidak sama antara waktu penanggalan masehi dan hijriyah. Jika kita menggunakan kalender hijriyah maka selalu sama tiap tahun itu. Tetapi kalau kita menggunakan kalender masehi maka akan tidak selalu sama pada tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan dua kalender tersebut. Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Ibadah Haji Dilaksanakan Pada Bulan Apa?