Isi Kandungan Surat Al-Maidah Ayat 48

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Hari yang cerah ini membuat lebih bersemangat lagi hati ini. Untuk memulai aktivitas dengan selalu menyebut keagungan dan kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Kita sebagai seorang hamba dihadapan-Nya tidak ada apa-apanya. Menjadi hal yang sudah sewajarnya bila kita mengisi sebagian hari dengan belajar tentang isi kandungan Surat Al-Maidah ayat 48. Sebuah ayat yang sarat dengan makna begitu amat luar biasa. Sebelum kita membahasnya lebih jauh sebaiknya kita simak terlebih dahulu ayatnya di bawah ini.
Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 48

yang artinya adalah "Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan.

Dalam ayat 48 Surat Al-Maidah ini kita akan menemukan berbagai pelajaran penting. Maka sudah menjadi sebuah keharusan untuk kita pelajari isi kandungan. Bagi seorang muslim belajar agama itu tidak ada batas usia. Belajar atau menuntut ilmu tetap dilakukan sedari usia kecil hingga sudah tua renta. Hidup kita tidak ada salahnya bila diisi dengan mencari ilmu. Terlebih bagi mereka yang berstatus pelajar di sekolah atau santri di pondok pesantren. Mereka mesti lebih giat lagi dalam mencari ilmu dan mempelajari secara lebih intensif.

Kembali kepada topik pembahasan kita. Dalam kesempatan yang baik ini kita akan menuliskan isi kandungan dari Surat Al-Maidah ayat 48 dengan lengkap. Semuanya tentu ditulis untuk mempermudah pembaca mencari ilmu, khususnya mengetahui tentang isi kandungan dari ayat ini. Baiklah, untuk isi kandungan dari ayat tersebut adalah
1. Allah subhanahu wa ta'ala telah menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam untuk dijadikan petunjuk seluruh umat manusia. Dengan mengikuti petunjuka Al-Quran maka manusia akan meraih kehidupan yang sukses serta bahagia.
2. Al-Quran merupakan kitab yang membawa kebenaran. Tidak boleh ada sedikit pun keraguan atas kebenaran yang ada di dalam kitab Al-Quran ini. Semua isinya adalah kebenaran yang mesti diyakini selalu.
3. Al-Quran membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya telah diturunkan Allah subhanahu wa ta'ala. Diantara kitab-kitab sebelumnya diturunkan itu ialah taurat, zabur, dan injil.
4. Al-Quran menjadi kitab yang terpelihara keaslian dan isinya. Allah subhanahu wa ta'ala telah menjaganya sehingga tidak akan pernah dan mustahil untuk bisa dipalsukan oleh siapa pun. Kondisi seperti ini tidak dijumpai pada kitab-kitab sebelum Al-Quran.
5. Adanya perintah kepada manusia untuk selalu berpedoman kepada Al-Quran yang telah diturunkan Allah subhanahu wa ta'ala dalam memutuskan perkara di dunia ini.
6. Setiap umat memiliki syariat tersendiri sesuai dengan situasi dan kondisi zamannya masing-masing. Tetapi pada masalah akidah tetap sama yakni mengesakan Allah subhanahu wa ta'ala.
7. Allah subhanahu wa ta'ala menjadikan umat manusia bermacam-macam dalam rangka memberi ujian kepada manusia atas karunia yang Allah telah berikan kepada mereka. Sampai sejauh mana setiap umat itu bisa beramal dengan sebaik-baiknya.
8. Di dalam ayat ini terdapat perintah untuk fastabiqul khairat atau berlomba-lomba berbuat kebaikan. Bahasa lainnya yakni melakukan kompetisi dalam kebaikan. Sebuah kompetisi yang sangat baik untuk dikerjakan. Semangat melakukan kebaikan akan selalu ada dan kuat selama manusia selalu termotivasi untuk berkompetisi dalam kebaikan dan amal shaleh.
9. Semua manusia pada akhirnya akan kembali kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Setiap yang bernyawa akan menghadapi kematian. Dari kematian inilah maka manusia akan berpindah dari dunia ke kehidupan akhirat.
10. Di akhirat sana manusia akan diminta pertanggungjawaban dari segala amalnya di dunia ini. Dari sini tentunya manusia mesti menyiapkan segalanya sewaktu masih hidup di dunia. Sehingga nantinya di akhirat nanti bisa mempertanggungjawabkan segala perbuatannya.

Banyak hal yang akan kita peroleh dengan mempelajari isi kandungan dari ayat ini. Seseorang yang telah mempelajarinya maka ia selanjutnya bisa mengamalkannya dalam kehidupan. Sehingga akan tercermin dalam sikap serta perilakunya. Sampai di sini pembahasannya semoga menambah manfaat dan kebaikan bagi kita semua. Wallahu a'lam. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Isi Kandungan Surat Al-Maidah Ayat 48