Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 11 Lengkap

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Di pagi yang lumayan dingin ini kami akan membahas analisis hukum tajwid bacaan Al-Quran Surat Ar-Rahman ayat 11 secara lengkap. Menjadi hal yang sangat penting untuk kami membahasnya sebab ada yang memintanya. Dan secara umum hasil analisis tajwid ini pun akan bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Para pembaca blog poskajian ini tentu akan bisa mengetahui kaidah tajwid pada ayat tersebut. Sedikit waktu yang kita luangkan untuk hal ini akan sangat berarti. Sehingga nantinya saat membaca ayat tersebut maka akan menjadi lebih terbantu dan hasil bacaanya pun menjadi bagus sebab sudah tahu hukum-hukum tajwidnya.

Teman-teman, tanpa tidak banyak basa basi langsung saja kita simak penjelasannya. Berikut analisis tajwidnya.

Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 11 Lengkap

Keterangan dari nomor-nomor tersebut yakni:

1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

5. Terdapat dua hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dsecara dengung serta ditahan selama 3 harakat. 

6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.

8. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Sampai di sini dulu ya teman-teman pembaca yang berbahagia. Selamat belajar selalu dan smoga bermanfaat analisis tajwid di atas. Akan beruntung orang yang gemar belajar itu. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 11 Lengkap

0 comments:

Posting Komentar