Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Mau tanya, Pak. Apa arti hasbunallah wanikmal wakil itu. Mohon juga diberitahu bagaimana tulisan arabnya. Saya sering mendengar para ustadz dan para penceramah yang mengucapkan lafadz tersebut. Pun demikian juga banyak tertulis dalam berbagai artikel yang telah saya baca.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Bertanya itu akan menambah ilmu. Tidak salah bila kalau ada orang yang suka bertanya kepada orang lain. Tepat sekali apa yang Anda lakukan. Tatkala tidak tahu akan sesuatu hal maka langsung saja bertanya. Tidak ada ruginya bertanya mengenai ilmu yang bermanfaat itu. Semoga Anda selalu mendapatkan kebaikan dengan suka menuntut ilmu yang bermanfaat.


Mengenai arti dari arti hasbunallah wanikmal wakil adalah cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung. Dari arti tersebut sangatlah luar biasa memang maknanya. Sebuah pernyataan yang meyakini akan kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Di samping itu, pada kalimat tersebut disampaikan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala yang Maha Penolong. Orang yang mengucapkan kalimat tersebut menyatakan dengan yakin bahwa ia mencukupkan pada Allah Yang Maha Penolong.


Sebetulnya, lafadz arti hasbunallah wanikmal wakil ini terdapat pada Surat Ali-Imran ayat 173, yang artinya: (Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."


Selanjutnya, mengenai tulisan arab dari hasbunallah wanikmal wakil adalah sebagai berikut.

hasbunallah wanikmal wakil

Itulah pentingnya mau bertanya. Efektif sekali untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Tidak butuh waktu lama. Bandingkan kalau kita mencari informasi sendiri. Tentu akan butuh waktu yang lebih lama dan proses yang bertahap juga. Demikian penjelasan kami semoga memberi tambahan kebaikan untuk Anda. Wallahu a'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

0 comments:

Posting Komentar