Bagaimana Bunyi Hadits Berkurban Dengan Satu Kambing?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya mau bertanya tentang berkurban. Yang ingin saya tanyakan ialah bagaimana bunyi hadits berkurban dengan satu kambing? Tiap tahun memang sudah melakukan kurban kami sekeluarga itu. Kami memilih seekor kambing untuk disembelih. Tapi saya sendiri belum tahu dalil tentang kambing untuk hewan kurban. Makanya saya mau bertanya pada kesempatan ini.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Melakukan ibadah kurban memang sangatlah mulia. Sesuatu amal shaleh yang paling baik untuk dilakukan di hari raya idul adha dan juga hari-hari tasyrik ialah menyembelih hewan kurban. Hari raya idul adha setiap tanggal 10 Dzulhijah dan hari-hari tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah. Pahala yang akan kita dapatkan banyak sekali. Maka sangatlah penting hal itu diperhatikan oleh setiap muslim.

Ketika anda sekeluarga telah melakukan kurban dalam setiap tahun maka sebuah keutamaan selalu anda peroleh. Kebahagiaan atas amal shaleh ini tidak ada duanya. Kambing merupakan hewan yang bisa dijadikan hewan kurban. Mengenai dalilnya terdapat dalam hadits berikut ini.
Hadits Berkurban Dengan Satu Kambing

Arti dari hadits tersebut adalah pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ada seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya. Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan At-Tirmidzi ini sangatlah jelas memberikan kita keterangan bahwa dibolehkan kambing menjadi hewan kurban kita. Maka dalil dibolehkannya kambing menjadi hewan kurban itu sumbernya dari hadits di atas. Harga dari kambing juga begitu terjangkau. Tidak terlalu mahal. Agar tidak terlalu berat ketika hendak membeli kambing maka perlu menabung setiap bulannya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Bunyi Hadits Berkurban Dengan Satu Kambing?