Hukum Tajwid Surat Muhammad Ayat 1 Lengkap Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Belajar tentang analisis hukum tajwid menjadi hal yang penting sekali. Termasuk pada kesempatan ini kita akan hukum tajwid dari Surat Muhammad ayat 1. Tentunya dilengkapi dengan penjelasannya. Mengenai adanya penjelasan dari hukum tajwid sangatlah membantu. Terutama untuk teman-teman yang ingin belajar lebih dalam mengenai hukum tajwid dari ayat-ayat Al-Quran. Langsung saja kita simak analisisnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Muhammad Ayat 1


Mengenai keterangan lengkap dari hukum tajwid ayat di atas adalah:

1. Alif lam syamsiyah disebabkan huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam).

2. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Mad asli atau mad thabi'i sebab huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

4. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu waqaf, hamzah, sukun, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf sin.

6. Mad asli atau mad thabi'i disebabkan huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

7. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah lam berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.

8. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.


Demikian analisis tajwid. Besar harapan kami analisis tajwid di atas bermanfaat untuk teman-teman pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Muhammad Ayat 1 Lengkap Penjelasannya