Hukum Tajwid Al-Quran Surat Yunus Ayat 1 Lengkap Disertai Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang bagus ini mari kita belajar tentang hukum tajwid. Kita akan fokuskan pada satu ayat. Tepatnya pada Surat Yunus ayat 1. Tentunya pembahasan analisis tajwid dalam satu ayat Al-Quran ini disertai juga penjelasannya secara lengkap. Baiklah teman-teman, langsung saja kita menyimak uraian lengkapnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Yunus Ayat 1

Untuk keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah:

1. Mad lazim harfi musyba' sebab termasuk huruf di dalam pembukaan surat dengan panjang bacaannya 6 harakat.

2. Mad lazim mukhaffaf harfi karena termasuk huruf yang ada di pembuka surat dan dibaca panjang 2 harakat.

3. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kaf. Dibaca dengan jelas.

6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

7. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha'. Dibaca secara jelas.

8. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Itulah pembahasan hukum tajwid pada ayat 1 Surat Yunus. Kami berharap apa yang kami tulis ini memberikan manfaat yang besar bagi teman-teman pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Yunus Ayat 1 Lengkap Disertai Penjelasannya