Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Segelas teh manis hangat menemani kami di pagi hari ini. Pada kesempatan ini kami akan menuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Maidah ayat 10 lengkap dengan penjelasannya. Membahas tajwid di pagi ini semakin menarik dengan minum segelas teh manis panas. Mantap sekali. Di dalam analisis hukum tajwid ini kita akan menemukan cara yang benar dalam membaca Al-Quran. Jadi, sangatlah penting untuk kita meluangkan waktu untuk membacanya. Langsung saja kita simak uraiannya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 10

Keterangan secara rinci dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’I karena huruf ya berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
8. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
9. Mad asli atau mad thabi’I karena huruf ha' berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf jim. Dibaca secara jelas.
11. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Sampai di sini tentu kita sudah sangat terbantu dengan analisis tajwid dari suatu ayat. Tidaklah salah bila sebelum kita membaca Al-Quran maka kita menyimak dulu artikel analisis tajwid. Akhirnya, harapan kami semoga kajian kita kali ini memberikan banyak manfaat kepada seluruh pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya