Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar sahabat semua? Semoga semua selalu mendapat rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Sehat dan tidak kuran sesuatu apa pun. Kali ini kita mau bahas analisis hukum tajwid Surat Luqman ayat 13-14 lengkap dengan penjelasan atau alasannya serta latin terjemah dan artinya. Dengan mempelajari hukum tajwidnya secara rinci maka kita akan terbantu nantinya tatkala mau membaca ayat tersebut. Tentu saja kita ingin membaca Al-Quran secara benar atau tartil. Khususnya pada ayat ini dan pada ayat lainnya secara umum. Tulisan mengenai analisis tajwid seperti ini sangat berguna  untuk para santri dan pelajar yang sedang menuntut ilmu. Harapan kami pun juga begitu. Baiklah, silakan langsung menyimak Surat Luqman ayat 13-14 berikut ini:

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap
Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14
Penjelasan dari nomor di bawah ayat 13-14 Surat Luqman di atas ialah :
1. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat. 
4. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
5.Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti)  bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba' berharakat kasrah. Cara membacanya tipis. 
10. Ghunnah karena nun bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat. 
11. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke huruf syin).
12. Idhzar karena huruf mim berharakat dhammah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca jelas.
13.Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf mim di sini yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
14. Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan istighfar lengkap .
15. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf sin. Cara membacanya samar-samar dengan dengung dan ditahan 3 harakat.
16. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi bila kita mewaqafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
19. Ghunnah karena huruf mim bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat.
20. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
21. Idhzar karena huruf nun berharakat dhammah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas.
22. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat kasrah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
24. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf fa'. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. 
29. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
31. Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf daal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi bila kita mewaqafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
32. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca jelas.
33. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf mim di sini yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Latin dari Surat Luqman Ayat 13-14 yakni 
Ayat 13 :
WA IDZ QAALA LUQMAANA LIB NIHII WA YA 'IZHUHUU YAA BUNAYYA LAA TUSYRIK BILLAHI, INNASY SYIRKA LZHULMUN 'AZHIIM.
Ayat 14 :
WA WASHAINAL INSAANA BI WAA LIDAIIHI, HAMALATHU UMMUHUU WAHNAN 'ALAA WAHNIWWA FISHAALUHUU FII 'AA MAINI ANISYKURLII WA LIWAALI DAIIKA, ILAY YAL MASHIIR.

Kemudian untuk terjemah atau artinya yaitu :
13. dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
14. dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Setelah kita menganalisis tajwidnya, tentu kita akan lebih merasa mudah dalam membaca kitab suci Al-Quran ini. Rutin melakukan tadarus Al-Quran hendaknya bisa menjadi bagian gaya hidup kita. Sebagai tambahan informasi untuk teman-teman semuanya. Surat Luqman ini adalah surat yang ke-31 di dalam Al-Quran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Turun Hujan Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya