Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bertemu kembali dengan kami admin blog poskajian. Kali ini kita akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 83 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Surat ini adalah surat ke-2 di dalam Al-Quran. Setelah Surat Al-Fatihah. Al-Baqarah artinya sapi betina.

Teman-teman tentu penting untuk mempelajari ilmu tajwid karena ilmu tersebut memang penting sekali. Maka tidak boleh kita meninggalkannya. Perlu kita sediakan waktu untuk mempelajarinya. Setiap kita tentu ingin memiliki bacaan Al-Quran baik dan sesuai kaidah atau disebut bacaan yang tartil. Maka kita mesti senantiasa meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. 

Dalam kesempatan kali ini yang menjadi fokus pembahasan kita mengenai analisis tajwid pada Surat Al-Baqarah ayat 83. Kiranya dengan kita memahami analisis tajwid dari ayat tersebut kita akan semakin mudah dalam membacanya. Baiklah, kita lansung saja menyimak analisis tajwidnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Penjelasan rinci dari nomor-nomor di surat Al-Baqarah ayat 83 di atas yakni :
1. اَخَذْنَا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. مِيْثَا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf mim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. مِيْثَا= Mad asli atau mad thobi’i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4.بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ = Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
5.اِسْرَاۤءِيْلَ = Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
6.اِسْرَاۤءِيْلَ = Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7.لَا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. تَعْبُدُوْنَ = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9.اِلَّا اللّٰهَ = Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
10.وَبِالْوَا= Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf wau. Dibaca secara jelas.
Baca juga : Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
11. لْوَا= Mad asli atau mad thobi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. لِدَيْنِ = Mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh huruf dal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
13.اِحْسَانًا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14.اِحْسَانًا وَّ = Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
15.الْقُرْ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.
16.الْقُرْبٰى = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ba' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. وَالْيَتٰمٰى = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ya'. Dibaca secara jelas.
18.وَالْيَتٰمٰى = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ta' berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19.وَالْيَتٰمٰى = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf mim berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20.وَالْمَسٰكِيْنِ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
21.وَالْمَسٰكِيْنِ = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
22.وَالْمَسٰكِيْنِ = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23.وَقُوْ = Mad asli atau mad thobi'i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
24.وَقُوْلُوْا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25.لِلنَّاسِ = Terdapat dua hukum di sini. Pertama, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26.حُسْنًا وَّ = Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
27.اَقِيْمُوا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28.الصَّلٰو = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad).
29.الصَّلٰو = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30.وَاٰ = Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
31.الزَّكٰوةَ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah zai. Dibaca idgham (masuk ke huruf zai).
32.الزَّكٰوةَ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
33.ثُمَّ = Ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan selama 3 harakat.
34.لَّيْتُمْ = Mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
35.تَوَلَّيْتُمْ اِ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf hamzah. Cara membacanya dengan jelas.
36.اِلَّا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
37. قَلِيْلًا = Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
38..قَلِيْلًا مِّنْكُمْ= Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
39.قَلِيْلًا مِّنْكُمْ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
40. ِّنْكُمْ وَ= Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.
41. َنْتُمْ= Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap ujung lidah hampir menyentuh pangkal dua buah gigi atas sesuai posisi makhraj ta'.
42.وَاَنْتُمْ مُّعْرِ = Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
43.مُّعْرِضُوْنَ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Dari penjelasan hukum tajwid di atas maka kita bisa mengetahui bahwa di dalam surat Al-Baqarah ayat 83 ini terdapat hukum-hukum tajwid yang kalau dirinci sebagai berikut.
  • Ikhfa terdapat 2
  • mad thobi'i terdapat 19
  • mad jaiz munfasil ada 1
  • Mad wajib muttashil ada 1
  • Mad badal ada 2
  • Tafkhim ada 1
  • Alif lam qamariyah ada 4
  • Mad lin ada 2
  • Idgham bighunnah ada 3
  • ghunnah ada 2
  • Idzhar syafawi ada 2
  • Alif lam syamsiyah ada 2
  • Mad arid lissukun ada 2
  • Idgham mislain ada 1

Selanjutnya untuk latin dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 yakni :
WA IDZ AKHADZNAA MIITSAAQA BANII ISRAA IILA LAA TA'BUDUUNA ILLAALLAAHA WA BIL WAA LIDAINI IHSAANAW WADZILQURBAA WAL YATAAMAA WAL MASAAKIINI WA QUULUU LINNAASI HUSNAWWA AQIIMUUSH SHALAATA WA AATUUZZAKAAH. TSUMMA TAWALLAITUM ILLAA QALIILAMMINKUM WA ANTUMMU' RIDHUUN.
Baca pula : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Selanjutnya, mengenai terjemah bahasa Indonesia atau arti dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 ialah :
"dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling."

Isi kandungan dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 adalah Allah Subhanahu wa ta'ala mengingatkan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam atas janji Bani Israil yang harus mereka penuhi. Janji mereka yaitu tidak akan menyembah selain Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian mereka akan berbuat baik kepada orang tua.

Sebab dari merekalah seseorang terlahir di dunia dan jasa-jasanya begitu besar. Selanjutnya, setelah berbuat baik kepada orang tua, maka berbuat baik juga kepada kerabat, anak yatim, orang miskin. Tidak lupa pula untuk berkata-kata baik kepada sesama manusia. Lakukan pula ibadah shalat dan menunaikan zakat.

Semoga bermanfaat pembahasan kali ini untuk para pembaca sekalian. Sampai berjumpa kembali dalam pembahasan lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

0 comments:

Posting Komentar