Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 15 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Berbahagia menjadi seorang muslim. Tetapi kebahagian itu tentu perlu kita syukuri. Satu yang perlu kita lakukan adalah kita belajar tentang ilmu agama. Satu bidang yang mesti kita pelajari yakni hukum tajwid Surat An-Nur ayat 15 lengkap disertai penjelasannya.


Sebelum kita belajar tajwid maka siapkan dulu bolpen atau pun pensil. Termasuk secarik kertas. Barangkali ini akan bermanfaat untuk kita mencatat hal-hal yang penting. Baiklah, mari kita simak uraiannya berikut.

Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 15 Lengkap

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni:

1. تَلَقَّوْ = Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

2. تَلَقَّوْنَهٗ = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. بِاَلْسِنَتِكُمْ وَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

4. وَتَقُوْ = Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

5. وَتَقُوْلُوْنَ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. بِاَفْوَاهِكُمْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. بِاَفْوَاهِكُمْ مَّا = Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

8. مَّا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. مَّا لَيْسَ = Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

10. لَكُمْ بِهٖ = Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu huruf ba. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.

11. بِهٖ = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

12. عِلْمٌ وَّ = Idgham bighunnah karena huruf mim berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

13. تَحْسَبُوْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

14. وَّتَحْسَبُوْنَهٗ = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. هَيِّنًاۙ وَّ = Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

16. عِنْدَ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf dal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

17. عِنْدَ اللّٰهِ = Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

18. عَظِيْمٌ ۚ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Demikianlah analisa hukum tajwid dari Surat An-Nur ayat 15. Selanjutnya mengenai terjemah atau arti dari Surat An-Nur ayat 15 adalah (Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut; kamu mengatakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun; dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu masalah besar.


Mudah-mudahan analisis tajwid kali menambah banyak manfaat buat teman-teman pembaca. Sukses semoga menyertai teman-teman yang selalu dalam kasih sayang-Nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 15 Lengkap

0 comments:

Posting Komentar