Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 52 Lengkap Penjelasannya

Belajar memang menyenangkan. Apalagi kalau kita semangatnya tinggi. Maka akan semakin menyenangkanlah yang namanya belajar. Belajar tentang ilmu tajwid akan menjadi menyenangkan sebab ilmu tersebut penting untuk dimiliki. Kiranya kita bisa jadi pandai dalam hal ilmu tajwid.


Satu yang akan kita pelajari hari ini adalah analisis hukum tajwid Surat Yunus ayat 52. Teman-teman akan lebih baiknya untuk kita simak langsung saja analisis hukum tajwid Surat Yunus ayat 52. Lengkap dengan penjelasannya pula. Selamat untuk menyimaknya di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 52

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni:

1. ثُمَّ = Ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

2. قِيْلَ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. لِلَّذِيْنَ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. ظَلَمُوْا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. ذُوْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. قُوْا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. عَذَابَ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. الْخُلْدِۚ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kha. Dibaca secara jelas.

9. هَلْ تُجْزَوْنَ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

10. هَلْ تُجْزَوْنَ = Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf zai berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

11. اِلَّا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

12. بِمَا = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. كُنْتُمْ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

14. كُنْتُمْ تَكْسِبُوْنَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.

15. تَكْسِبُوْنَ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Selanjutnya, mengenai arti atau terjemahan dari Surat Yunus ayat 52 yakni (Yusuf berkata,) Yang demikian itu agar dia (al-Aziz) mengetahui bahwa aku benar-benar tidak mengkhianatinya ketika dia tidak ada (di rumah) dan bahwa sesungguhnya Allah tidak meridai tipu daya orang-orang yang berkhianat.


Demikian analisis hukum tajwid Surat Yunus ayat 52. Mudah-mudahan pembahasan tajwid di atas memberikan kebaikan dan manfaat buat teman-teman semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 52 Lengkap Penjelasannya

0 comments:

Posting Komentar