Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 164

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Belajar mengenai hukum tajwid Surat An-Nisa ayat 164 lengkap dengan penjelasannya menjadi penting. Proses untuk belajar itu memang kadang melelahkan. Setidaknya kalau orang suruh memilih berlibur atau belajar maka banyak yang akan tidak pilih belajar.


Kebanyakan mungkin lebih memilih berlibur atau rekreasi saja. Sebab berlibur memang tidak begitu melelahkan. Akan tetapi, kalau mau melihat kebaikannya. Belajar khususnya tentang ilmu tajwid sebuah ayat Al-Quran akan memberikan hasil berupa kebaikan. Akhirnya, belajar sebetulnya lebih penting.


Teman-teman, mari kita pelajari hukum tajwid Surat An-Nisa ayat 164 berikut ini.

Tajwid Surat An-Nisa Ayat 164


Penjelasan lengkap terkait hukum-hukum tajwid di atas yakni:

1. وَرُسُلًا قَدْ = Ikhfa karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

2. قَدْ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

3. قَصَصْنٰهُمْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. قَصَصْنٰهُمْ عَلَيْكَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.

5. عَلَيْكَ = Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

6. مِنْ قَبْلُ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

7. قَبْلُ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

8. وَرُسُلًا لَّمْ = Idgham bilaghunnah karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.

9. لَّمْ نَقْصُصْهُمْ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf nun. Cara membacanya dengan jelas.

10. نَقْصُصْهُمْ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

11. نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.

12. عَلَيْكَ = Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

13. وَكَلَّمَ اللّٰهُ = Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah mim berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

14. مُوْسٰى = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. مُوْسٰى = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. ى تَكْلِيْمًاۚ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

17. ى تَكْلِيْمًاۚ = Mad 'iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 


Demikian analisis hukum bacaan dari Surat An-Nisa ayat 164. Lengkap beserta penjelasan. Sekarang, tinggal kita praktekkan saja di dalam bacaan. Sukses untuk teman-teman semuanya ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 164

0 comments:

Posting Komentar