Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar sahabat semua? Semoga semua selalu mendapat rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Sehat dan tidak kurang dari sesuatu apa pun. Membahas hukum bacaan Al-Quran itu penting. Kali ini kita mau bahas analisis hukum tajwid Surat Luqman ayat 13-14 lengkap dengan penjelasan atau alasannya serta latin terjemah dan artinya

Dengan mempelajari hukum tajwidnya secara rinci maka kita akan terbantu nantinya tatkala mau membaca ayat tersebut. Tentu saja kita ingin membaca Al-Quran secara benar atau tartil. Khususnya pada ayat ini dan pada ayat lainnya secara umum. Tulisan mengenai analisis tajwid seperti ini sangat berguna  untuk para santri dan pelajar yang sedang menuntut ilmu. 

Sebetulnya tidak hanya bagi santri serta pelajar saja. Mereka yang sudah bukan seorang yang berstatus sebagai pelajar atau pun santri pun amat membutuhkan ilmu tajwid ini. Kiranya analisis tajwid ini banyak memberi manfaat buat teman-teman. Baiklah, silakan teman-teman langsung menyimak Surat Luqman ayat 13-14 berikut ini:

Hukum Bacaan Surat Luqman Ayat 13-14
Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14


Penjelasan dari nomor di bawah ayat 13-14 Surat Luqman di atas ialah :
1. وَاِذْقَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. لُقْمٰنَ = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. لُقْمٰنَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat. 
4. لِا بْنِه = Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
5. لِا بْنِه = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti)  bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. يَعِظُه = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. يٰبُنَيَّ  = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. لَا تُشْرِكْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. بِا للهِ۫ = Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba berharakat kasrah. Cara membacanya tipis. 
10. اِنَّ = Ghunnah karena nun bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat. 
11. الشِّرْكَ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke huruf syin).
12. لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ = Idzhar karena huruf mim berharakat dhammah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca jelas.
13. عَظِيْمٌ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf mim dalam hal ini yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
14. وَصَّيْنَا = Mad layn atau mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan istighfar lengkap .
15. الْاِنْسَانَ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf sin. Cara membacanya samar-samar dengan dengung dan ditahan 3 harakat.
16. الْاِنْسَانَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. بِوَالِدَيْهِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. بِوَالِدَيْهِ = Mad layn atau mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi bila kita mewaqafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
19. اُمُّه = Ghunnah karena huruf mim bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat.
20. اُمُّه = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
21.وَهْنًا عَلىٰ = Idzhar karena huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas.
22. عَلىٰ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. وَهْنٍ وَّ = Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat kasrah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
24. وَّفِصٰلُه = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. وَّفِصٰلُه = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf fa'. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. فِيْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. عَا مَيْنِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. عَا مَيْنِ = Mad layn atau mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. 
29. اَنِ اشْكُرْلِيْ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. وَلِوَالِدَيْكَ۫ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
31. وَلِوَالِدَيْكَ۫ = Mad layn atau mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf daal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi bila kita mewaqafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
32. الْمَصِيْرُ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca jelas.
33. الْمَصِيْرُ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf mim di sini yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Teman-teman yang berbahagia, dari penjelasan hukum tajwid di atas maka kita bisa mengetahui bahwa di dalam surat Luqman ayat 13-14 ini banyak sekali hukum-hukum tajwidnya. Dimana kalau kita merincinya maka diperoleh rincian sebagai berikut:
  • Mad asli atau mad thabi'i ada 12
  • Qalqalah sughra ada 2
  • Mad shilah qashirah ada 4
  • Tarqiq ada 1
  • Ghunnah ada 2
  • Alif lam syamsiyah ada 1
  • Idzhar ada 2
  • Mad arid lissukun ada 2
  • Mad layn atau mad lin ada 4
  • Ikhfa ada 1
  • Idgham bighunnah ada 1
  • Alif lam qamariyah ada 1 

Latin dari Surat Luqman Ayat 13-14 yakni 
Ayat 13 :
WA IDZ QAALA LUQMAANA LIB NIHII WA YA 'IZHUHUU YAA BUNAYYA LAA TUSYRIK BILLAHI, INNASY SYIRKA LZHULMUN 'AZHIIM.
Ayat 14 :
WA WASHAINAL INSAANA BI WAA LIDAIIHI, HAMALATHU UMMUHUU WAHNAN 'ALAA WAHNIWWA FISHAALUHUU FII 'AA MAINI ANISYKURLII WA LIWAALI DAIIKA, ILAY YAL MASHIIR.

Kemudian untuk terjemah atau artinya yaitu :
13. dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
14. dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Setelah kita menganalisis tajwidnya, tentu kita akan lebih merasa mudah dalam membaca kitab suci Al-Quran ini. Terkhusus pada ayat 13- dan 14 dari Surat Luqman. Teman-teman, rutin melakukan tadarus Al-Quran hendaknya bisa menjadi bagian gaya hidup kita. Sebagai tambahan informasi untuk teman-teman semuanya. 

Surat Luqman ini adalah surat yang ke-31 di dalam Al-Quran. Saya yakin teman-teman juga sering membaca surat Luqman tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Turun Hujan Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

1 comments: