Doa Saat Turun Hujan Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa saat turun hujan dituntunkan oleh Rasulullah Saw. Di musim penghujan memang hampir tiap hari tanah basah karena diguyur air hujan. Ketersediaan air pun sangat melimpah sehingga tak ada yang kekurangan air. Pantaslah kalau hujan merupakan rahmat Allah Swt. untuk para hamba-Nya di muka bumi. Keberkahan dari hujan sangat banyak. Air merupakan sumber kehidupan. Dahulu kala, manusia menempati atau memilih sebuah tempat tinggal berdasar pada jumlah sumber mata air di wilayah tersebut. Apabila suatu tempat airnya berlimpah, maka otomatis banyak orang yang akan menetap di daerah tersebut. Saat ini orang menggunakan beberapa kriteria untuk pemilihan suatu tempat tinggal. Ada yang mendasarkan kepada dekat dengan tempat bekerja, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan sekolah anak-anaknya, dekat dengan keluarga suami maupun istri, dan ingin dekat dengan masjid serta pondok pesantren guna memiliki lingkungan yang baik. Kriteria untuk pemilihan tempat tinggal tersebut boleh saja digunakan. Semuanya dimaksudkan untuk memperoleh kemaslahatan dan kemanfaatan.
Menyikapi turunnya hujan sebagai seorang muslim yang baik harus melakukan sesuatu. Tidak hanya diam saja. Kita seharusnya melakukan hal yang amat penting yakni dengan berdoa kepada Allah Swt. Berikut  ini doa turun hujan :

Doa Turun Hujan

اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Latinnya :
ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAFI’AN.
Artinya :
" Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat ". 

Hujan adalah nikmat dan karunia dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Kita mesti mensyukuri atas nikmat yang diberikan-Nya. Cara bersyukur itu salah satunya dengan membaca doa saat turun hujan. Kita tidak boleh pula berkata seolah-olah mengeluh karena hujan. Meski hujan itu kita kesulitan mungkin dalam menjemur pakaian dan hasil pertanian. Pastilah, Allah menurunkan hujan itu ada hikmah dan manfaatnya. Hanya saja manusia itu kadang tergesa-gesa dan suka berkeluh kesah. Bayangkan saja kalau sudah lama tidak hujan. Maka banyak yang mengeluh dengan mengatakan mengapa kok tidak hujan-hujan.

Namun terkadang hujan ada yang sangat lebat. Hingga sebagai manusia biasa tentu ada rasa khawatir akan terjadi sesuatu. Takut kalau hujan lebat tersebut menimbulkan bahaya bagi jiwa maupun harta. Maka, Nabi Muhammad Saw. memanjatkan doa saat hujan lebat sebagai berikut.

Doa Saat Hujan Lebat

اَللّٰهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا, اَللّٰهُمَّ عَلَى الْاٰ كَامِ
 وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُوْنِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Latinnya :
ALLAHUMMA HAWAALAINAA WA LAA ’ALAINAA. ALLAHUMMA ’ALAL AAKAAMI WAL JIBAALI, WAZH ZHIRAABI, WA BUTHUNIL AUDIYATI, WA MANAA BITISY SYAJARI.
Artinya : 
" Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan." 

Dengan kita senantiasa berdoa kepada Allah Swt. maka rahmat dan kasih sayang-Nya akan berlimpah kepada hamba yang memohon. Kita ingin air hujan yang berkah. Salah satu ciri berkah adalah meski sedikit akan mencukupi dan bila adanya berlimpah tidak membahayakan. Inilah yang menjadi harapan kita semuanya tentu. Kala hujan sangat lebat maka tidak ada bahaya yang timbul. Kala sedikit curah hujannya maka tetaplah mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Semoga kita tak lupa untuk selalu memanjatkan doa turun hujan tersebut. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Arti dari miqat haji .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Saat Turun Hujan Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya