Adakah Dalil yang Menerangkan Tentang Malaikat ?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh.

Pak, saya mau tanya adakah dalil yang menerangkan tentang malaikat? Karena saya mendapat sebuah pertanyaan dari teman-teman setelah saya mengisi kultum (kuliah tujuh menit) di Masjid setelah shalat subuh pada bulan Ramadhan tahun lalu. Tema yang saya angkat mengenai adanya malaikat Allah Swt. Hal ini memunculkan pertanyaan tersebut dan saya saat itu belum bisa menjawabnya. Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamdulillah, Anda menjadi bagian orang yang beruntung. Sebab anda memberi nasihat dalam kebenaran kepada sesama kaum muslimin. Sesuai dengan surat Al-'Ashr ayat 3 : "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran ". Alangkah baiknya, kegiatan ceramah kultum di Masjid tersebut dilanjutkan terus. Tak hanya di bulan puasa atau ramadhan saja. Mengenai pertanyaan adakah dalil yang menerangkang tentang malaikat, jawabannya ada. Tepatnya dalam Al-Quran. Ada beberapa ayat yaitu :
1. Surat Al-Baqarah ayat 285

Al-Baqarah ayat 285

Artinya :
"Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa): "Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."

2. Surat Al-Infithar ayat 10

Al-Infithar ayat 10

Artinya : 
" Padahal Sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu)."

3. Surat Al-Furqan ayat 22

Al-Furqan ayat 22

Artinya : 
"pada hari mereka melihat malaikat dihari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa mereka berkata: "Hijraan mahjuuraa"."
Maksud dari "Hijraan mahjuuraa" ialah suatu Ungkapan yang biasa disebut orang Arab di waktu menemui musuh yang tidak dapat dielakkan lagi atau ditimpa suatu bencana yang tidak dapat dihindari. Ungkapan ini berarti: "Semoga Allah menghindari bahaya ini dari saya".
Demikian semoga bermanfaat. Wallahu'alam.
Baca juga : Doa shalat dhuha lengkap arab latin dan keutamaannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Adakah Dalil yang Menerangkan Tentang Malaikat ?