Apakah perbedaan iblis, setan, dan jin ?

perbedaan iblis, setan, dan jin

Pak, apa perbedaan iblis, setan, dan jin. Saya masih bingung kok katanya jin itu setan. Terus ada juga yang menyebut setan itu ya jin dan iblis. Sebenarnya apa perbedaan ketiganya? Terima kasih sebelumnya.

Jawab :
sebenarnya kalau iblis itu adalah salah satu jenis jin yang ingkar pada Allah Swt.  Iblislah yang tidak mau bersujud pada Nabi Adam as. Jumlahnya hanya satu dan tidak akan mati sebelum kiamat. Firman Allah Swt :
“Ingatlah ketika Kami berkata kepada para maialakt, ‘Sujudlah kallian kepada Adam!’ maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah.” (QS. Al-Kahfi: 50)

Kemudian kalau jin adalah makhluk Allah Swt. yang diciptakan dari api. Jumlahnya banyak. Jin termasuk makhluk yang gaib. Ada yang beriman dan banyak juga yang kafir.

Sedangkan kalau setan itu adalah sifat yang dikenakan pada makhluk yang jahat. Akan tetapi, pada umumnya, ketika orang awam menyebut setan, maka yang mereka maksud adalah jin yang jahat. Tetapi karena kata setan digunakan untuk menyebut sifat yang jahat. Maka bisa setan itu dari golongan jin dan juga manusia. Wallahu 'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apakah perbedaan iblis, setan, dan jin ?