Bagaimana Cara Sholat Gerhana Bulan ?

cara sholat gerhana bulan

Assalamualaikum wrwb.

Pak, bagaimana caranya sholat gerhana bulan? Akhir-akhir ini banyak ajakan dari teman atau saudara melalui media sosial untuk melaksanakan sholat sunah bila terjadi gerhana bulan. Berapa jumlah rakaatnya? terima kasih.


Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Sholat gerhana termasuk sholat sunah. Jumlahnya 2 (dua) rakaat. Sangat bagus sekali bila kita mengerjakan sholat tersebut. Dan kita bersyukur kepada Allah Swt yang mengkaruniakan teman dan saudara yang mengajak kepada kebaikan. Terbukti anda diajak untuk melaksanakan amalan sunah Rasulullah Saw yakni sholat gerhana.  Untuk tata cara pelaksanaan dari sholat gerhana bulan sebenarnya sama dalam hal gerakan maupun bacaan holat wajib 4 waktu. Akan tetapi ada beberapa yang memang beda, kita lihat tata caranya sebagai berikut :
1. Niat
2. Takbiratul ihram
3. Membaca doa istiftah. Kemudian membaca ta'awudz lalu membaca Al Fatihah dan surat atau ayat dari Al Quran. Untuk bacaan al fatihah dan surat dibaca secara jahr (keras). 
4. lalu ruku'.
5. i'tidal atau bangkit dari ruku'. Setelah i'tidal tidak langsung sujud, namun membaca al fatihah dan surat yang lebih pendek dari surat atau ayat yang pertama tadi. 
6. Ruku' kembali
7. I'tidal
8. Sujud, lalu duduk diantara 2 sujud dan kemudian sujud.
10. Bangkit untuk berdiri kembali mengerjakan rakaat yang kedua. Hanya saja bacaan surat atau ayatnya hendaknya lebih pendek dari rakaat pertama tadi. Klo surat al fatihahnya tetap sama. 
11. Kemudian, ruku' lalu bangkit dari ruku' untuk baca surat al fatihah dan juga surat atau ayat Al Quran yang lebih pendek dari yang dibaca sebelum ruku tadi.
12. Ruku' kembali, lalu itidal dilanjutkan sujud.
13. Duduk diantara 2 sujud, lalu sujud lagi.
14. Tasyahud.
15. Salam.
16. Kemudian imam berkhutbah kepada para jamaah. Isi khutbah hendaknya tentang anjuran untuk berdzikir, beristighfar dan bersedekah.

Dari keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa sholat gerhana bulan dilakukan dengan berjamaah dan dalam setiap rakaatnya ada 2 ruku', 2 al fatihah, dan 2 bacaan surat atau ayat dari Al Quran. Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah Swt untuk mampu melaksanakannya. Semoga pos kajian tentang sholat gerhana di atas memberikan manfaat. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Cara Sholat Gerhana Bulan ?