Manakah Shaf Shalat Wanita yang Paling Utama?

Shaf Shalat Wanita yang Paling Utama

Assalamualaikum wrwb.

Akhir-akhir ini saya selalu diajak teman untuk sholat berjamaah di masjid ketika sudah azan dikumandangkan. Sebelumnya saya jarang mengikuti jamaah sholat wajib 5 waktu. Setelah aktif ke masjid yang sebetulnya tidak jauh juga dari rumah, saya jadi bertanya-tanya. Karena saya wanita, shaf yang paling baik itu di paling depan atau yang paling belakang, ya pak ?

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Alhamdulillah kita selalu dalam rahmat dan kasih sayang Allah Swt. Memang yang diperintahkan Allah Swt. untuk sholat waib 5 waktu secara berjamaah adalah kaum lelaki. Akan tetapi bagi para wanita dibolehkan juga. Tak boleh untuk melarang wanita mendatangi sholat berjamaah di masjid. Sehingga tatkala sebelumnya belum aktif sholat jamaah kemudian sekarang aktif, hal tersebut bukanlah sebuah keburukan. Apalagi jika setelah sholat jamaah di masjid itu ada pengajian, tentu manfaatnya akan lebih besar lagi. 
Mengenai keutamaan shaf depan atau belakang, kita belajar dari sabda Rasulullah Saw. berikut ini:
“Sebaik-baik shaf pria adalah shaf yang awal dan sejelek-jelek shaf pria adalah yang akhirnya. Sebaik-baik shaf wanita adalah shaf yang terakhir dan sejelek-jelek shaf wanita adalah yang paling awal.” (HR. Muslim).
Dari hadits tersebut, jelas sekali bahwa khusus wanita, shaf yang paling afdhal atau utama adalah yang paling di belakang. Berbeda dengan para jamaah pria yang paling utama di barisan shaf pertama. Apabila ada anak-anak, maka pengaturan shafnya yang terbaik adalah anak-anak laki-laki dibelakang shaf laki-laki dewasa dan yang anak-anak perempuan di paling depan untuk shaf wanita. Semoga kita selalu ditolong Allah Swt. untuk terus mengikuti kajian. 
Wallahu 'alam, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Manakah Shaf Shalat Wanita yang Paling Utama?