Perbedaan Syarat dan Rukun

Bedanya Syarat dan Rukun

Assalamualaikum wrwb.
Pak, setiap ibadah selalu ada syarat dan rukunnya. Saya terus terang bingung membedakan dua hal tersebut. Sebetulnya apakah perbedaanya antara syarat dan rukun ?

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Alhamdulillah kita selalu memperhatikan permasalahan ibadah dan agama. Mengenai pengertian syarat yaitu sesuatu perkara yang harus ada sebelum ibadah itu dilaksanakan dan ia diwajibkan secara terus-menerus agar sah ibadahnya.
Nah, kalau rukun itu ialah sesuatu yang harus dilakukan dalam ibadah dan terputus-putus, bila tidak dilakukan maka ibadahnya menjadi tidak sah. Kita ambil contoh tentang sholat fardhu atau wajib, salah satu syaratnya adalah dia beragama Islam. Dalam melaksanakan sholat wajib ia harus seorang yang beragama Islam terlebih dahulu dan dia harus tetap Islam secara terus menerus. Kemudian, beberapa rukun sholat diantaranya niat, takbiratul ihram, membaca alfatihah, ruku', dan seterusnya. Antara perbuatan niat, takbiratul ihram, baca al fatihah, dan ruku', masing-masing terputus-putus antara satu dengan yang lainnya. Semoga artikel di atas bermanfaat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Perbedaan Syarat dan Rukun