Apa Pengertian Hadis Itu ?

Apa Pengertian Hadis Itu

Assalamualaikum wrwb.

Pak, saya mau bertanya, apa sih yang dimaksud hadis itu? Karena saya sering mendengar seorang ustadz atau guru ngaji kalo menjelaskan sesuatu masalah, ia berkata bahwa ini sumber dalilnya dari Hadis. Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Apa yang dilakukan saudara dengan mendengarkan ceramah agama Islam merupakan sebuah kemuliaan. Kita sebagai manusia hendaknya selalu beribadah. Iman bisa terus meningkat dengan bertambahnya pemahaman ilmu agama. Kebaikan seseorang bisa bertambah dengan semakin banyaknya ilmu agama yang ia miliki. Karena dengan ilmu maka akan munculah amal sholeh. Mengenai apa itu Hadis? Pengertian hadits adalah segala perkataan (qauliyah), perbuatan (fi'liyah), dan  ketetapan (taqrir) yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. yang dijadikan sebagai sumber hukum Islam. Sangat tepat sekali bila seorang yang menjelaskan masalah hukum agama ini selalu mendasarkan kepada Al Quran maupun Hadis. Perlu kita pahami juga bahwa unsur-unsur atau bagian-bagian dari sebuah hadis ada 3 (tiga), yaitu :
1). Sanad, yaitu sekelompok orang atau seseorang yang menjadi jalur sampainya  hadis dari Rasulullah saw. hingga kepada orang yang membukukan hadis yang akhirnya sampai kepada kita.
2). Matan, yaitu isi atau materi hadis yang disampaikan Rasulullah saw.
3). Rawi, yaitu orang yang meriwayatkan hadis.

Semoga artikel tersebut bermanfaat dan memberikan wawasan baru kepada kita semua. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Pengertian Hadis Itu ?