Doa Bulan Rajab Dan Syaban Lengkap Latin Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa bulan rajab dan syaban latin dan artinya akan kita ulas pada kesempatan ini. Teman-teman yang berbahagia. Kini kita sudah masuk waktu menjelang bulan suci Ramadhan. Tinggal beberapa pekan lagi kita sudah memasuki bulan yang penuh berkah tersebut. Sebab saat ini kita sudah memasuki bulan rajab. Pada tahun 2022 masehi ini tanggal 1 untuk bulan rajab 1443 hijriyah jatuh pada hari Rabu 2 Februari kemarin. Memang sudah saatnya kita lebih mengenal bulan-bulan hijriyah.

Dari mengenal bulan-bulan hijriyah ini kita akan terbantu dalam mengetahui waktu-waktu dalam beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Terkait untuk bulan mulia yakni ramadhan, teman-teman mesti sudah bersiap diri dari sekaran. Mumpung masih ada kesempatan yang lumayan panjang. Alangkah baiknya kita melakukan segala persiapan sedari sekarang. Kalau masih ada yang punya hutang puasa wajib bulan Ramadhan maka hendaknya segera menyahurnya. Mumpung masih ada kesempatan yang cukup longgar. Tidaklah bijak bila menunda-nunda membayar hutang puasa. 

Persiapan yang lainnya juga perlu untuk dilakukan. Sangat baik bila mulai sekarang kita melakukan beberapa puasa sunah. Misalnya puasa senin dan kamis. Atau bisa dengan puasa tiga hari di pertengahan bulan. Hal itu akan menjadikan kita lebih siap menghadapi bulan Ramadhan. Termasuk persiapan materi pun penting. Sedari sekarang perlu kita sisihkan uang belanja kita. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Meskipun kita sisihkan sedikit toh nanti juga akan berkumpul menjadi banyak. Uang tersebut menjadi bekal untuk kita menjalani ibadah puasa. Sebab di bulan Ramadhan bila seseorang bersedekah maka pahalanya akan lebih besar. Maka sangat dianjurkan sekali melakukan sedekah di bulan tersebut.

Teman-teman yang berbahagia, kita semuanya selalu membutuhkan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta'ala dalam segala urusan kehidupan. Kita menginginkan kesuksesan setiap hari. Sukses di dunia yang fana ini maupun di akhirat kelak. Demikian juga kita pingin sukses dalam berpuasa di bulan Ramadhan nanti. Selain kita persiapan fisik, kita juga perlu untuk berdoa. Sebelum memasuki bulan puasa, sebelumnya kita masuk ke bulan rajab dan syaban terlebih dahulu. Lalu, bagaimana doanya teman-teman? Berikut ini doanya. Salah satu doa yang sering kita panjatkan saat di bulan rajab yakni berikut ini :

Doa Bulan Rajab Dan Syaban Lengkap Latin
Doa Bulan Rajab Dan Syaban

“ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FII RAJABA WA SYA’BAANA WA BALLIGHNA RAMADHANA.”
Yang  artinya:
“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”
Doa di atas diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Para ulama mengatakan bahwa hadis sebagai sumber doa tersebut tersebut memiliki derajat yang dhaif. Hal itu diakibatkan pada sanadnya ada yang cacat. Namun, tidak mengapa jika kita berdoa untuk meminta diberkahi di bulan Rajab dan disampaikan ke bulan Ramadhan. Makna dari doa tersebut tetap bagus sekali.

Dengan semakin dekatnya bulan mulia yakni Ramadhan maka akan begitu berbahagia pula seluruh insan yang beriman. Membaca doa bulan rajab seperti di atas menjadi salah satu rasa bahagia yang terealisasikan dalam wujud doa yang dipanjatkan ke hadirat-Nya. Jauh-jauh hari sudah memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala supaya kita bisa disampaikan ke bulan yang penuh berkah itu. Setelah selesai melakukan shalat fardhu maka tetap sekali bila membaca doa bulan rajab dan syaban ini.

Meskipun kita masih dibayang-bayangi oleh suasana pandemi tetap saja tidak boleh kita melupakan yang namanya persiapan untuk menuju sukses Ramadhan. Tiap tahun bulan rajab hanya ada sekali. Begitu pula pada bulan syaban atau pun ramadhan. Hanya sekali saja itu terjadi. Maka kita sudah sangat tepat bila hari-hari ini diliputi suasana gembira dan keinginan hati yang kuat bisa memasuki bulan ramadhan dengan baik. Sehat dan tidak ada halangan apa pun untuk bisa menjalankan segala ibadah di dalamnya. Baik itu ibadah yang wajib maupun yang sunah. 

Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian. Ada baiknya jika teman-teman berkenan untuk membagikan doa di atas kepada keluarga maupun teman-teman dekat lainnya. Berbagi kebaikan berupa ilmu ini akan sangatlah menguntungkan. Kita membantu orang yang belum tahu menjadi tahu sekarang. Sebuah amalan yang sangat mulia untuk dilakukan bagi setiap insan yang beriman. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Nama Bulan Hijriyah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Bulan Rajab Dan Syaban Lengkap Latin Artinya

0 comments:

Posting Komentar