Bagaimana Cara Menjawab Salam Yang Benar Dari Orang Lain ?

Assalamualaikum wrwb.

Setiap hari saya tidak pernah absen dari mendengar bacaan salam. Ketika bertemu dengan keluarga, saudara, dan teman-teman, kerap kali mereka yang lebih dulu mengucapkan salam terlebih dahulu kepada saya. Langsung aja saya jawab. Namun, yang masih menjadi ganjalan saya adalah sudahkah benar jawaban salam dari saya itu? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Bacaan salam adalah doa. Setiap muslim tentu sudah akrab dengan bacaan ini. Bahkan dalam akhir sholat wajib kita selalu melafazkanya. Untuk lebih jelasnya kita simak tulisan arab dan arti dari bacaan salam lengkap berikut.

ucapan salam lengkap


“ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH”.
Artinya :
“Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu".

Kemudian kita menjawabnya dengan lengkap pula.

jawaban ucapan salam lengkap


"WA ‘ALAIKUMUS SALAM WA RAHMATULLAHI WABARAKAATUH"
artinya :
" Dan semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah juga kepadamu".

Perlu sahabat ketahui bahwa menjawab salam dari seorang muslim ini hukumnya wajib. Sedangkan, untuk mengucapkannya hukumnya sunah. Di dalam praktek keseharian di masyarakat, kita sering menemui bacaan salam yang tidak lengkap. Misalnya saja mengucapkan : " ASSALAAMU ‘ALAIKUM !" atau "ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAAH !". Maka kita yang menjawabnya setidaknya sama atau bahkan lebih sempurna.
ASSALAAMU ‘ALAIKUM jawabnya : WA ‘ALAIKUMUS SALAM atau WA ‘ALAIKUMUS SALAM WA RAHMATULLAH atau WA ‘ALAIKUMUS SALAM WA RAHMATULLAHI WABARAKATUH.  Semoga bermanfaat.
Baca juga artikel : Doa Keluar WC Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Cara Menjawab Salam Yang Benar Dari Orang Lain ?