Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Penjelasan Alasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita perlu untuk memahami analisis hukum tajwid Al-Quran Surat At-Taubah ayat 105 lengkap dengan terjemah atau artinya beserta penjelasan, alasannya dan cara membacanya juga. Cukup lengkap hukum bacaannya. Siapa saja pasti ingin menjadi insan yang berbahagia. Baik itu saat di dunia ini maupun nanti saat di akhirat kelak. 

Untuk meraih sebuah ilmu tidak bisa dengan berdiam diri saja. Lalu ilmu akan turun dari langit masuk ke diri kita. Hal itu tidak akan terjadi. Namun. dalam rangka meraih sebuah ilmu maka kita perlu mengusahakannya. Caranya dengan menuntut ilmu. Banyak orang menyebutnya sebagai belajar. Sesuatu yang banyak dilakukan oleh para santri dan pelajar. Meskipun bagi orang yang dewasa pun tetap diminta untuk belajar terus menerus.

Teman-teman, masalah ini belajar tidak ada kata pensiunnya. Ini bagi para orang tua atau mereka yang telah dewasa. Apalagi untuk para anak-anak dan remaja yang masih belia. Akan disayangkan bila mereka meninggalkan amalan menuntut ilmu. Yang paling utama ialah ilmu agama Islam. Dengan ini kita akan dituntun untuk bahagia selamat dunia akhirat. Termasuk di dalamnya ada ilmu tajwid. Para pelajar dan santri banyak sekali waktunya dalam mengkaji ilmu tersebut.

Kali ini, admin blog poskajian akan membahas tentang hukum tajwid pada Surat At-Taubah ayat 105. Dengan telah mempelajarinya maka kita akan mudah dan benar bacaanya. Baiklah, kita simak ayatnya dahulu di bawah ini. Lalu, kemudian kita bahas secara lengkap hukum tajwidnya.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 105

Penjelasan lengkap mengenai hukum bacaan pada nomor-nomor di atas ialah  
1. وَقُلِ اعْمَلُوْا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. فَسَيَرَى اللّٰهُ = Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah berharakat fathah. Cara membacanya tebal. 
3. عَمَلَكُمْ وَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf wau. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
4. رَسُوْلُه = Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti)  bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. وَالْمُؤْمِنُوْنَ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca jelas. 
6. وَالْمُؤْمِنُوْنَ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat. Namun, apabila kita washal atau terus, maka hukumnya menjadi mad thabi'i sehingga dibaca 2 harakat saja panjangnya.
7. وَسَتُرَدُّوْنَ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dal berharakat dhammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. اِلٰى  = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. عٰلِمِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. الْغَيْبِ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ghain. Dibaca secara jelas. 
Baca juga : Bacaan Ruku dan Sujud Lengkap Arab Latin dan Maknanya.
11. الْغَيْبِ = Mad layn atau mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh huruf ghain berharakat fathah.
12. وَالشَّهَادَةِ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke huruf syin).
13. وَالشَّهَادَةِ = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا = Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu huruf ba'. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.
15. بِمَا = Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. كُنْتُمْ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar-samar dengan dengung dan ditahan 3 harakat.
17. كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ = Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf ta. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
18. تَعْمَلُوْنَ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Teman-teman yang semoga selalu dalam keadaan bahagia serta sehat tidak kurang suatu apa pun juga. Dari hasil analisis tajwid tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwasannya di dalam surat At-Taubah ayat 105 ini bila dirinci adalah:
  • Mad asli atau mad thabi'i ada 6
  • Tafkhim ada 1
  • Mad lin atau layn ada 1
  • Idzhar syafawi ada 2
  • Mad shilah qashirah ada 1
  • Alif lam qamariyah ada 2
  • Mad arid lissukun ada 2
  • Alif lam syamsiyah ada 1
  • Ikhfa syafawi ada 1
  • Ikhfa ada 1

Kemudian mengenai terjemah atau arti dari surat At-Taubah ayat 105 adalah:
"dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Isi kandungan dari ayat tersebut antara lain :
1. Allah Subhanahu wa ta'ala akan memerintahkan untuk hamba-Nya agar bersemangat dalam bekerja dan beramal kebaikan.
2. Kepada Allah Subhanahu wa ta'ala sajalah semuanya akan dikembalikan.
3. Hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang Maha Mengetahui hal yang ghaib serta yang nyata.

Nah, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Sampai jumpa lagi dalam kesempatan yang lain. Sukses untuk semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Penjelasan Alasan dan Artinya

0 comments:

Posting Komentar