Apa Kepanjangan ra dan Artinya dalam Nama Sahabat Nabi ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Pak, saya kurang paham tentang arti dan kepanjangan ra. Termasuk pula bagaimana tulisan arabnya? Gelar itu saya temui tatkala saya membaca buku pelajaran agama Islam yang di sana setiap tertulis nama sahabat Nabi Muhammad Saw. maka dibelakangnya ada tulisan ra. Sebenarnya tidak hanya di buku saja saya menemukannya. Saat membuka HP android pun bila buka artikel tentang agama Islam maka sering sekali menemuinya. Pada kesempatan ini saya mohon untuk dijelaskan. Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Apa yang Anda baca adalah ilmu yang sangat penting dalam kehidupan. Itulah ilmu agama Islam. Kita dituntut untuk belajar agama dari buaian hingga ke liang lahat. Itu artinya dari kecil hingga tua menjelang wafat pun kita wajib mencarinya. Sebab dengan itu kita nanti dimudahkan untuk masuk surga di akhirat kelak. Mengenai kepanjangan dari ra di belakang nama-nama sahabat Nabi Muhammad Saw. ialah radhiyallahu ‘anhu. Untuk sahabiyah atau sahabat nabi dari kalangan wanita gelarnya radhiyallahu ‘anhaa.
Untuk tulisan lafaz arabnya :

lafaz radhiyallahu 'anhu

Latinnya : radhiyallaahu 'anhu
Artinya : semoga Allah meridhainya

dan untuk gelar sahabat dari kalangan wanita :

lafaz radhiyallahu 'anhaa

Latinnya : radhiyaallahu 'anhaa
Artinya : semoga Allah meridhainya

Sebetulnya, itu sebagai bentuk doa kepada nama sahabat tersebut. Dalam penerapannya, Aisyah ra. maka lengkapnya Aisyah radhiyallaahu ‘anha. Umar bin khattab ra. maka lengkapnya menjadi Umar bin khattab  radhiyallaahu 'anhu. Demikian untuk seluruh sahabat sahabiyah yang lainnya.
Wallahu 'alam.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin Artinya dan Keutamaannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Kepanjangan ra dan Artinya dalam Nama Sahabat Nabi ?