Ayat Al-Quran Tentang Kejujuran

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Ada beberapa ayat Al-Quran tentang kejujuran. Sangatlah lengkap isi dari Al-Quran itu. Semua hal yang ada di dunia tidak terlewatkan satu pun. Masalah keseharian kita termasuk di dalamnya. Sangatlah benar bila Al-Quran adalah petunjuk yang nyata untuk mereka yang ingin menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Bersyukurlah kaum muslimin yang senantiasa belajar dan memahami isi kandungan dari kitab suci Al-Quran. Karena orang-orang seperti ini akan dapat meraih banyak sekali manfaat dalam kehidupan ini. Agama Islam sangat memperhatikan masalah kejujuran itu. Orang yang memiliki sifat jujur berarti ia telah memiliki akhlak yang mulia. Perilaku jujur dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.

Untuk kali ini, kita akan membahas ayat Al-Quran tentang kejujuran. Orang yang jujur akan menjadi mujur. Orang yang jujur pun mudah untuk ikhlas dalam hidupnya. Dalam segala aktivitas kehidupan ini, sifat kejujuran sangatlah penting. Orang yang sukses dalam hidupnya senantiasa mengedepankan kejujuran dalam segala tindakannya maupun ucapannya. Sekedar ngobrol dengan orang lain saja misalnya. Bila seseorang sudah terindikasi sebagai orang yang suka bohong atau dusta maka segala perkataannya bisa tidak akan dipercaya oleh orang lain.

Bila ia menjadi seorang pedagang kemudian menawarkan barang dagangannya. Orang yang menerima tawaran itu sulit untuk percaya dan apalagi mau membeli barang dagangan orang yang terindikasi selalu tidak jujur itu. Maka akan banyak kerugian yang dirasakan oleh orang yang tidak jujur. Maka jujur menjadi sesuatu yang amat penting dalam kehidupan ini.

Karena begitu pentingnya jujur ini maka Allah subhanahu wa ta'ala menganjurkan umat manusia untuk selalu jujur. Banyak ayat Al-Quran yang berisikan tentang masalah kejujuran ini. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, admin blog poskajian akan membahasnya untuk teman-teman semuanya. Ada beberapa ayat-ayat dari Al-Quran yang membahas tentang jujur.

1. Surat At-Taubah ayat 119
Surat At-Taubah ayat 119

artinya :
Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.

2. Surat Al-Ankabut ayat 3
Surat Al-Ankabut ayat 3

artinya :
Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.

3. Surat Al-Maidah ayat 119
Surat Al-Maidah ayat 119

artinya :
Allah berfirman, "Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung".

4. Surat Al-Baqarah ayat 177
Surat Al-Baqarah ayat 177

artinya :
Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

5. Surat Al-Ahzab ayat 35
Surat Al-Ahzab ayat 35

artinya :
Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.


6. Surat Al-Ahzab ayat 24
Surat Al-Ahzab ayat 24

artinya :
agar Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan mengazab orang munafik jika Dia kehendaki, atau menerima tobat mereka. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.


7. Surat Az-Zumar ayat 33
Surat Az-Zumar ayat 33

artinya :
Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan orang yang membenarkannya, mereka itulah orang yang bertakwa.

Demikian beberapa ayat Al-Quran tentang kejujuran yang bisa kita ambil hikmahnya. Sifat jujur yang merupakan bagian dari akhlaqul karimah ini tidak akan pernah ketinggalan zaman. Dalam segala masa tetap dibutuhkan. Ibaratnya ia sebuah permata yang amat berharga. Dimana pun tempat ia akan dicari oleh banyak orang. Siapa saja akan menyukai orang yang jujur ini. Baik orang itu saudara, kerabat, tetangga, atau pun orang lain yang tidak begitu dekat pun akan suka dengan sosok yang jujur.

Beruntunglah orang yang sudah memiliki kejujuran dan menjaganya di dalam hidup di dunia ini. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Ayat Al-Quran Tentang Kejujuran