Hukum Tajwid Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 104 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Hari yang begitu cerah cuacanya. Semakin menambah semangat untuk kami bisa berbagi sedikit ilmu yang kiranya amat bermanfaat buat teman-teman pembaca semuanya. Iya, kali ini kami akan tuliskan analisis hukum tajwid surat Ali-Imran ayat 104 lengkap dengan penjelasannya. Ayat ini termasuk yang sering dibaca. Dengan kita mempelajari hukum-hukum bacaan yang ada di dalamnya maka kita akan memperoleh kemampuan untuk bisa membacanya dengan baik dan benar tentunya. Tanpa berbasa-basi, langsung saja kita simak berikut ini.
Hukum Tajwid Surat Ali-Imran Ayat 104

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
2. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
3. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf hamzah. Cara membacanya dengan jelas.
4. Ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
5. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
6. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf 'ain berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kha. Dibaca secara jelas.
9. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
10. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf  ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
14. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf ha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
15. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
16. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
17. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
18. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
19. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Kemudian untuk arti dari Surat Ali-Imran ayat 104 adalah:
Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dengan adanya alasan lengkap atau penjelasan dari tiap hukum akan semakin menambah kemudahan bagi kita yang ingin memahaminya. Selanjutnya, setelah bisa memahaminya maka tinggal kita mempraktekkannya di dalam bacaan ayat tersebut. Sampai di sini dulu semoga bermanfaat artikel kami ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 104 Lengkap Dengan Penjelasannya