Hukum Tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 59 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kebaikan memang didambakan oleh banyak orang. Orang akan senang menerima kebaikan dari orang lain. Seorang yang sedang membutuhkan pertolongan kemudian ada orang lain yang bersedia menolong maka itu menjadi sebuah kebahagiaan baginya. Misalnya ada orang yang butuh uang untuk berobat, lalu ada seorang dermawan yang memberinya sejumlah uang sehingga cukup untuk berobat. Masih banyak lagi contohnya. Yang merasakan kebahagiaan juga mereka yang mau berbagi kebaikan. Kami ingin menjadi salah satunya. Dengan kami menuliskan analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar ayat 59 lengkap dengan penjelasannya pada saat ini. Silakan teman-teman menyimaknya.
Hukum Tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 59
Keterangan secara lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
4. Mad badal sebab huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ta berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
10. Terdapat dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kaf. Dibaca secara jelas. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Akhirnya sampai di sini dahulu. Semoga artikel di atas menambah kebaikan bagi kami dan juga bermanfaat buat teman-teman sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 59 Lengkap Dengan Penjelasannya