Doa Berlindung Dari Penyakit Lengkap Latin Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita sebaiknya banyak membaca doa dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini kami akan membahas doa berlindung dari segala penyakit lengkap latin artinya. Sudah begitu banyak kita menemui orang yang sedang sakit. Bahkan kita sendiri pun mungkin juga pernah merasakan sakit. Kini di zaman yang katanya modern ini banyak ditemui berbagai jenis penyakit yang begitu berbahaya bagi manusia. Misalnya saja penyakit jantung koroner, Tuberculosis (TBC), Hepatitis B, stroke, pneumonia, diabetes mellitus, penyakit lever, dan ginjal. Termasuk yang akhir-akhir ini sering dibicarakan yakni penyakit dari virus Corona Covid-19.  Semua orang merasa takut dengan aneka jenis penyakit tersebut.

Di berbagai negara di dunia melakukan berbagai tindakan strategis guna mencegah penyebaran virus corona. Pada saat artikel ini ditulis, sudah banyak korban dari penyakit yang diakibatkan oleh virus corona covid-19 tersebut. Media dari dalam dan luar negeri begitu gencar sekali memberitakan kejadian ini. Bahkan tidak sedikit daerah yang sudah menyatakan hal itu sebagai kejadian luar biasa. Sehingga berbagai aktivitas pun ditiadakan untuk sementara waktu. Kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya banyak orang dalam suatu tempat ditiadakan. Banyak sekolah-sekolah diliburkan. Pertemuan atau rapat-rapat penting pun ditunda. Memang penyakit yang berbahaya ini sangat mengkhawatirkan semua manusia. Virus corona ini disebut sebagai pandemik yaitu penyakit yang tersebar luas di seluruh kawasan di dunia. Jadi sudah bukan endemik lagi. Maksud endemik adalah penyakit yang terdapat pada wilayah tertentu saja.

Dalam penanganan korban yang terkena penyakit virus corona ini, berbagai Rumah Sakit telah mempersiapkannya dengan baik. Terbukti dengan adanya ruang isolasi untuk pasien yang suspect dan positif corona. Namun demikian, pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Mencegah itu lebih baik dari mengobati. Langkah pencegahan atau preventif itu lebih baik dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai muslim, mencegah dari timbulnya penyakit sangatlah ditekankan. Pada pencegahan terhadap terjangkitnya virus corona ini diantara caranya yakni dengan menjaga kebersihan diri. Sering mencuci tangan salah satunya. Atau semuanya itu bisa dilakukan dengan berwudhu. Setidaknya lima kali kita melakukan wudhu untuk shalat wajib. Tidak hanya pada kasus penyakit virus corona saja, akan tetapi pada potensi penyakit-penyakit berbahaya yang lainnya.

Kita selalu berusaha dengan segala daya dan upaya yang baik guna melakukan pencegahan yang maksimal. Ikhtiar sangatlah diperintahkan untuk dilakukan. Setelah itu kita juga mesti menanamkan sikap tawakal kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Di samping tentu saja kita harus memperbanyak berdoa selalu tiap hari. Ada doa berlindung dari segala penyakit yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Doa Berlindung Dari Segala Penyakit


اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ،
 وَالْجُنُوْنِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

Latinnya :
ALLAHUMMA INNII 'AUUDZU BIKA MINAL BARASHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA SAYYI IL ASQAAM.
Artinya :
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.

Lafazh doa di atas tidaklah panjang sehingga kita bisa mudah untuk menghafalkannya. Doa tersebut bersumber dari hadits riwayat Abu Dawud dan Nasai. Penyakit kulit, hilang akal (gila), dan lepra termasuk yang Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wa ta'ala dari hal itu. Di samping juga terhadap penyakit berbahaya lainnya. Berdoa sangatlah penting untuk segera dilakukan di dalam hidup ini. Bahkan ini termasuk hal yang utama. Jangan sampai seseorang muslim hanya mengandalkan usaha atau ikhtiar saja dalam menghadapi ancaman adanya wabah penyakit yang berbahaya. Kita mesti memohon dengan penuh harap kepada Allah subhanahu wa ta'ala agar dijauhkan dari bencana dan mara bahaya penyakit atau wabah.

Kita bisa membaca doa tersebut di setiap hari. Terutama pada waktu-waktu yang sangat mustajab. Semisal saat diantara sesudah adzan sampai iqomah, di tiap sepertiga malam akhir, setelah selesai shalat wajib lima waktu, dan di saat bepergian. Atau pun kala kita ada waktu senggang lainnya. Dengan memperbanyak doa mohon berlindung dari penyakit, insya Allah kita akan memperoleh perlindungan dan keselamatan dari hal tersebut. Wallahu a'alam. Semoga artikel ini memberi manfaat kepada teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Berlindung Dari Penyakit Lengkap Latin Artinya