Islam Agama Yang Diridhai Allah Tercantum Dalam Surat?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pada hari ini saya mau bertanya kepada Bapak tentang masalah Agama Islam. Yang ingin saya tanyakan yakni mengenai surat dan ayat Al-Quran. Khususnya tentang dalil dari agama Islam ini. Islam agama yang diridhai Allah tercantum dalam surat apa dan ayat berapa? Saya meyakini bahwa hanya agama Islam saja yang diterima Allah subhanahu wa ta'ala. Namun, saya ingin tahu di ayat berapa hal itu terdapat di dalam Al-Quran. Terima kasih atas jawabannya, Pak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang benar bahwa agama Islam adalah yang diridhai Allah subhanahu wa ta'ala. Sudah selayaknya kita sebagai seorang muslim meyakini hal itu dengan seyakin-yakinnya. Seorang yang beriman tentu tidak akan ragu dan bimbang lagi akan hal ini. Atas pertanyaan anda tentang Islam agama yang diridhai Allah tercantum dalam surat apa dan ayat berapa. Kami akan memberikan penjelasan secukupnya di sini.

Memang segala hal yang berkaitan dengan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta'ala itu selalu disertai dengan dalil yang lengkap dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad shalallahu 'alahi wa sallam. Termasuk pula mengenai dalil bahwa Islam agama yang diridhai Allah. Setidaknya ada dua ayat di dalam Al-Quran yang memberikan penjelasan tentang hal ini. Islam agama yang diridhai oleh Allah subhanahu wa ta'ala ini terdapat di dalam dua ayat.
Pertama, di dalam Surat Ali-Imran ayat 19,
Islam Agama Yang Diridhai Allah Tercantum Dalam Surat

arti dari ayat tersebut adalah "Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya."

Kedua, Surat Al-Maidah ayat 3,
Islam Agama Yang Diridhai Allah

yang artinya "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Dua ayat di atas telah dengan jelas menegaskan bahwa agama Islam yang diridhai Allah subhanahu wa ta'ala. Agama Islam ini telah sempurna. Agama ini selalu cocok untuk segala zaman. Tidak ada nikmat yang lebih besar dari pada kenikmatan iman dan Islam. Kita semakin yakin dengan ajaran agama Islam yang penuh dengan kebaikan ini. Demikian penjelasan kami semoga menambah manfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Islam Agama Yang Diridhai Allah Tercantum Dalam Surat?