Isi Kandungan Surat At-Tin

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada hari ini kita akan membahas isi kandungan surat At-Tin ayat 1-8. Surat tersebut termasuk dari juz 30 atau biasa dikenal sebagai juz amma. Begitu sering Surat At-Tin ini dibaca ketika tadarus atau pun saat shalat berjamaah bersama imam. Maka menjadi begitu penting untuk kita mengetahui isi yang terkandung di dalamnya. Meskipun kita sudah bisa membaca Surat tersebut secara fasih dan benar sesuai kaidah ilmu tajwidnya tetapi jika belum mengetahui isi kandungannya maka seperti ada yang kurang. 

Hal yang kurang itu tentu harus segera kita lengkapi. Supaya yang kurang menjadi lengkap. Saat kita mendengar surat tersebut dibacakan oleh imam maka kita akan semakin khusyuk. Tentu saja shalat kita juga akan semakin bagus kualitasnya. Sebelum kita membahas lebih rinci, kita simak terlebih dahulu bacaan Surat At-Tin berikut ini.

Isi Kandungan Surat At-Tin

Arti atau terjemahan dari Surat At-Tin tersebut yakni:

ayat 1 : Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

ayat 2 : demi gunung Sinai,

ayat 3 : dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.

ayat 4 : Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

ayat 5 : kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

ayat 6 : kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.

ayat 7 : Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?

ayat 8 : Bukankah Allah hakim yang paling adil?


Setelah kita mengetahui terjemahannya maka selanjutnya kita mempelajari isi kandungannya. Nah, berikut ini isi kandungan dari Surat At-Tin ayat 1-8, selamat menyimaknya:

1. Allah subhanahu wa ta'ala bersumpah dengan dua naman buah nama. Yang pertama buah tin dan yang kedua buah zaitun. Pohon buah tin dan zaitun banyak terdapat di daerah timur tengah.

2. Allah subhanahu wa ta'ala bersumpah dengan nama gunung atau bukit yakni bukit Sinai.

3. Allah subhanahu wa ta'ala juga bersumpah dengan nama tempat yakni Makkah. Negeri Makkah merupakan tempat yang aman.

4. Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah subhanahu wa ta'ala dengan bentuk yang paling bagus. Diantara makhluk yang Allah subhanahu wa ta'ala telah ciptakan tidak ada yang lebih bagus dari manusia. Manusia mempunyai akal pikiran dan fisik yang terbaik. Hal tersebut semestinya menjadikan manusia bersyukur kepada-Nya.

5. Jika manusia tidak mau beriman dan beramal shalih maka manusia akan dikembalikan ke tempat yang paling buruk yakni neraka.

6. Sebaliknya, kepada manusia yang mau beriman dan beramal kebaikan maka akan mendapat tempat yang terbaik yakni surga di akhirat kelak.

7. Setiap manusia tidak pantas untuk mendustakan akan datangnya hari pembalasan. Setiap manusia nanti di akhirat akan mendapatkan balasan atas segala perbuatannya selama di dunia ini.

8. Allah subhanahu wa ta'ala adalah hakim yang paling adil. Dialah yang akan memutuskan segala perkara dengan seadil-adilnya di akhirat kelak. Setiap amal akan mendapatkan balasan secara sempurna.


Demikianlah isi kandungan dari dari surat At-Tin ayat 1-8 yang telah diuraikan dengan jelas. Saya yakin hal ini akan memudahkan setiap pembaca dalam memahami surat tersebut. Semoga memberi manfaat untuk teman-teman pembaca semuanya. Wallahu a'alam. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Isi Kandungan Surat At-Tin

0 comments:

Posting Komentar