Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Adalah Wajib Bagi Semua Orang Maksudnya

hukum mempelajari ilmu tajwid adalah wajib bagi semua orang maksudnya

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin sedikit bertanya. Begini pertanyaan saya pak. Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah wajib bagi semua orang maksudnya apa? Saya mendengar tentang hal ini. Tetapi belum begitu jelas. Saya sendiri belum begitu paham tentang ilmu tajwid tersebut. Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saya pun mengucapkan terima kasih atas pertanyaan ini. Dengan adanya pertanyaan seperti ini maka kita bisa membahas lebih jauh tentang yang namanya ilmu tajwid. Mengenai pengertian secara singkat dari ilmu tajwid sendiri adalah sebuah ilmu yang membahas berbagai kaidah dalam membaca Al-Quran sehingga bacaan seseorang menjadi benar dan bagus. Misalnya saja kita akan mengetahui tentang hukum mad, idgham, ghunah, idzhar dalam bacaan ayat-ayat Al-Quran.

Setiap orang yang ingin bisa membaca Al-Quran dengan benar dan baik maka ia mesti belajar tentang hukum tajwid. Dalam masalah hukum mempelajari ilmu tajwid adalah wajib bagi semua orang maksudnya begini, sebetulnya wajib itu ada dua macam. Pertama wajib 'ain dan yang kedua wajib kifayah. Untuk hukum mempelajari ilmu tajwid sendiri adalah wajib dengan jenis yang kedua yakni wajib kifayah. Maksud wajib kifayah yakni sebuah kewajiban bila sebagian orang Islam sudah ada yang melakukannya maka kewajiban orang Islam yang lainnya menjadi gugur. Demikian penjelasan singkat kami. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Adalah Wajib Bagi Semua Orang Maksudnya