Tips Membersihkan Karpet Masjid

Tips Membersihkan Karpet

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Setiap masjid untuk saat ini rata-rata sudah memiliki karpet yang layak. Tidak sedikit yang karpetnya malah bagus kualitasnya. Kalau di dalam masjid tidak ada karpetnya maka itu malah menjadi hal yang dirasa kurang untuk saat ini. Sarana prasarana masjid sebagai fasilitas utama bagi umat Islam selalu mendapat perhatian. Khususnya oleh warga masyarakat muslim di sekitar masjid. Karpet menjadi sarana penting yang selalu diperhatikan keberadaannya. Tanpa adanya karpet maka masjid terasa ada yang kurang fasilitasnya.

Kita semua memahami masjid merupakan tempat peribadahan kaum muslimin. Dalam sehari kita semua diperintahkan untuk melaksanakan shalat wajib lima waktu. Dari dhuhur, asar, maghrib, isya, subuh semuanya sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Tempat untuk melaksanakan shalat secara berjamaah itu ialah di masjid. Dari kegiatan ibadah shalat saja maka dalam sehari setiap muslim mendatangi masjid sebanyak lima kali. Itu belum kalau nanti di hari jumat. Di hari tersebut terdapat perintah untuk melaksanakan shalat jumat yang didahului dengan khutbah oleh khotib. Pada hari jumat tersebut, biasanya yang datang ke masjid bisa berlipat-lipat jumlahnya dibandingkan dengan pada waktu shalat wajib lainnya. Termasuk pula ketika masuk bulan mulia yakni bulan ramadhan. Pada hari itu, setiap malam masjid-masjid dipenuhi oleh para jamaah untuk melaksankan ibadah shalat tarawih. Pada waktu shalat wajib lima waktu pun pada bulan ramadhan akan lebih banyak yang melakukannya di masjid. Ini merupakan fenomena yang sering terjadi di bulan ramadhan.

Masjid pun tidak hanya dipakai untuk ibadah shalat saja. Banyak kegiatan lainnya yang biasa dilaksanakan di dalam masjid. Sebut saja kegiatan pengajian. Baik itu yang rutin maupun yang tidak. Umumnya masjid lebih dipiih karena memang cocok untuk digunakan. Kegiatan lainnya seperti musyawarah pun terkadang juga dilakukan di dalam masjid. Tentu waktunya diatur tidak pada saat waktu shalat. Orang yang datang ke masjid pun semakin banyak dengan begitu. Dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia. Semangat untuk memakmurkan masjid memang sangatlah tinggi.

Allah subhanahu wa ta'ala telah berfirman di dalam Al-Quran pada Surat At-Taubah ayat 18, yang artinya adalah "Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk." Dari ayat tersebut jelas disebutkan bahwa orang yang memakmurkan masjid adaah orang yang beriman. Maka kalau ada orang yang rajin beribadah di masjid maka orang tersebut termasuk orang beriman kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Cara memakmurkan masjid memang tak hanya dengan rajin beribadah di dalamnya. Meskipun hal itu sangatlah utama. Menjaga dan merawat segala fasilitas di dalam masjid menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Apa pun fasilitas di masjid tersebut. Misalnya yang paling utama dipakai ialah karpet masjid. Ini menjadi satu fasilitas yang perlu sekali mendapat perhatian oleh kita semua kaum muslimin. Jika karpet masjid itu rusak dan tidak bisa lagi layak untuk dipakai tentu caranya dengan kita langsung membeli yang baru. Uang kas masjid biasanya mencukupi untuk hal ini. Akan tetapi, jika karpet masjid itu masih bagus dan sangat layak untuk dipakai maka kita perlu selalu membersihkannya. 

Dalam membersihkan karpet masjid ini ternyata ada caranya. Tidak asal-asalan saja. Karpet masjid harganya tidaklah murah. Biasanya cukup lumayan harganya. Sehingga kualitas dari karpet masjid pun tidak bisa dipandang remeh. Maka dari itu, kita yang hendak merawat karpet masjid sudah selayaknya mengetahui tips membersihkan karpet masjid yang benar dan baik.

1. Usahakan membersihkan karpet dengan alat vacum cleaner atau penyedot debu.

Sesuai standarnya memang jika kita hendak membersihkan karpet, kita perlu menggunakan sebuah peralatan yakni penyedot debu. Dengan kita menggunakan alat ini maka debu yang tertempel pada karpet akan bisa hilang dengan maksimal. Karpet masjid pun kini menjadi bersih kembali. Sudah menjadi nyaman lagi untuk digunakan beribadah shalat dan lainnya oleh para jamaah. 

2. Membersihkan karpet yang terkena noda tumpahan minuman.

Ada kalanya karpet masjid terkena noda dari tumpahan minuman. Misalnya saja minuman kopi dan susu tumpah ke karpet. Ketika hal ini terjadi kita pun perlu membersihkannya. Cara membersihkannya dengan menekan titik noda dengan lap yang basah. Dengan begitu noda bisa menyerap ke lap yang dipakai menekan tersebut. Setelah itu peras kain basah tersebut di ember atau di luar masjid. Selanjutnya bilas kain basah hingga bersih. Ulangi dengan menekan lagi titik noda yang terdapat di karpet masjid tersebut. Langkah ini kita lakukan sampai berulang kali sampai karpet menjadi bersih kembali. Jika sudah selesai maka kita bisa keringkan karpet tersebut dengan hair dryer sehingga karpet masjid pun sudah siap untuk dipakai lagi.

3. Membersihkan karpet masjid bila terkena tumpahan makanan.

Ada kalanya karpet terkena tumpahan makanan. Jika makanan itu kering maka cukup diambil saja. Bila bentuknya kecil-kecil sulit diambil maka kita bisa manfaatkan penyedot vacum cleaner sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Lalu, bagaimana jika makanan tersebut berkuah. Misalnya saja bubur atau sayur. Kita bisa ambilkan tumpahan makanan tersebut dengan sendok atau apa. Untuk bekasnya yang tidak bisa diambil maka kita membersihkannya dengan cara ketika karpet masjid terkena tumpahan minuman. 

4. Mencuci karpet masjid.

Mencuci karpet masjid bisa juga dilakukan. Tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini untuk bisa mendapatkan hasil terbaik di dalam membersihkan karpet. Hanya saja, kita perlu tahu tipsnya. Dalam mencuci karpet masjid ini pertama kita perlu membersihkan debunya terlebih dahulu. Sebab bila debu tersebut terkena air maka menambah repot kita dalam mencuci karpet. Intinya kita minimalisir dulu debu yang tertempel di karpet. Kemudian letakkan karpet dalam posisi menggantung. Ini sangat penting sebab dengan posisi tersebut karpet akan terbentang. Kita pun akan lebih mudah membersihkannya di samping hasilnya pun nanti akan lebih optimal. Selanjutnya, semprotlah dengan air yang bertekanan tinggi. Tidak cukup hanya dengan diguyur dengan ember saja. Semprotlah secara merata sehingga kotoran yang menempel akan terlepas dan mengalir ke bawah bersama air. Jangan lupa untuk memakai deterjen ketika mencuci karpet masjid ini. Deterjennya sebaiknya dipilih yang bagus kualitasnya. Dapat membersihkan dan tidak merusak kualitas karpet masjid. Tidak masalah bila harganya memang mungkin agak mahal sedikit. Selanjutnya kita perlu menggosok karpet dengan sikat yang lembut. Kalau memakai sikat yang kasar maka kita khawatir bisa merusak tekstur dan warna karpet masjid. Yang terakhir, jemurlah karpet sehingga bisa segera kering. Pastikan kalau benar-benar belum kering jangan dipakai. Sebab nanti bisa memunculkan bau yang tak sedap. 

Itulah beberapa tips membersihkan karpet masjid secara sederhana dan benar. Teman-teman pembaca blog poskajian tentu ingin pula ikut memberi perhatian terhadap kebersihan masjid. Maka tips ini diharapkan memberi sedikit sumbangan pemikiran untuk teman-teman semuanya. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Membersihkan Karpet Masjid